Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Telepon Prabowo, Beri Ucapan Selamat Usai Menang Pilpres 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah memberikan ucapan selamat kepada pasangan calon (paslon) nomor urut 02 Prabowo Subianto.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden Jokowi usai makan siang bersama di Magelang, Jawa Tengah. Dok IG @prabowosubianto
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden Jokowi usai makan siang bersama di Magelang, Jawa Tengah. Dok IG @prabowosubianto

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah memberikan ucapan selamat kepada pasangan calon (paslon) nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Hal ini disampaikannya usai menyaksikan laga antara tim nasional sepak bola Indonesia atas Vietnam pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2024) malam.

“Udah lewat telpon sudah kami ucapin selamat. Kami ucapin selamat, sudah,” ujarnya kepada wartawan.

Orang nomor satu di Indonesia itu pun mengatakan bahwa dirinya hanya mengucapkan selamat dan tidak menyampaikan arahan khusus kepada pemenang pemiihan umum (pemilu) 2024 itu.

Menurutnya, Prabowo Subianto telah memahami langkah-langkah apa saja yang ingin dilakukannya setelah menjabat menjadi Presiden Ke-8 RI untuk memajukan Negara.

“Ah ndak perlu [arahan] lah, pak Prabowo sudah tau mana yang baik untuk negara ini, saya kira beliau sudah tau,” tuturnya.

Di sisi lain, Kepala Negara juga mengaku belum memiliki rencana untuk melakukan buka puasa bersama bersama ketua-ketua partai politik (parpol) dalam waktu dekat. Meski begitu, dia tak menjelaskan lebih detil alasannya.

“Belum, belum ada,” pungkas Jokowi.

Sebelumnya, Calon presiden terpilih Pemilu 2024, Prabowo Subianto menceritakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berpesan terkait kemungkinan adanya pihak yang menitipkan jabatan pada pemerintahan berikutnya.

Menurutnya, Jokowi memberikan peringatan bahwa akan banyak orang yang mendatanginya terkait urusan itu, sepanjang masa peralihan pemerintahan saat ini ke pemerintahan berikutnya. 

“Pak Jokowi mengatakan, ya itu lah nanti Mas Bowo siap-siap saja banyak yang mendatangi. Apalagi masa peralihan ini kan cukup lama, tujuh bulan," katanya dalam acara buka puasa bersama di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan pada Kamis (21/3/2024).

Prabowo mengatakan bahwa dalam politik, terdapat banyak kawan yang hanya muncul ketika memiliki kepentingan tertentu.

"Di saat baik dan senang, kawan banyak sekali. Yang enggak pernah nongol sekian tahun, nongol semua sekarang. Yang repot nongol bawa daftar titipan [jabatan],” tandas Prabowo.

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebagai pemenang Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Hasil Pilpres 2024 itu didasarkan pada berita acara rekapitulasi penghitungan suara nasional Pilpres 2024, di mana Prabowo-Gibran berhasil meraup suara terbanyak yaitu mencapai 96.214.691 suara.

Kemudian, di urutan kedua diikuti oleh pasangan 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebanyak 40.971.906 suara. Lalu, jumlah suara sah pasangan 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebanyak 27.040.878 suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper