Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apa Keistimewaan Lailatul Qadar? Malam Lebih Baik dari Seribu Bulan

Apakah itu malam Lailatulqadar? Keutamaan terbesar pada malam lailatul qadar yakni turunnya alquran.
Berdoa setelah membaca Alquran di pada malam lailatul qadar /nu.or.id
Berdoa setelah membaca Alquran di pada malam lailatul qadar /nu.or.id

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi umat Islam diseluruh dunia akan berlomba-lomba dalam melakukan amal dan ibadah pada malam lailatul qadar karena malam ini lebih baik dari seribu bulan.

Dilansir dari muslim.sg dan islamic-economics.uii.ac.id, lailatul qadar dipercaya terjadi saat sepuluh hari terakhir dibulan Ramadan.

Allah swt berfirman dalam surat Alqadr:

إِنّا أَنزَلناهُ في لَيلَةِ القَدرِ. وَما أَدراكَ ما لَيلَةُ القَدرِ. لَيلَةُ القَدرِ خَيرٌ مِن أَلفِ شَهرٍ. تَنَزَّلُ المَلائِكَةُ وَالرّوحُ فيها بِإِذنِ رَبِّهِم مِن كُلِّ أَمرٍ. سَلامٌ هِيَ حَتّىٰ مَطلَعِ الفَجرِ

Artinya:

Sesungguhnya kami telah menurunkan alquran pada lailatulqadar. Tahukah kamu apakah malam lailatulqadar itu? Lailatulqadar itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah malam itu sampai terbit fajar (Al-Qadr 1-5).

Simak keistimewaan malam lailatul qadar:

1. Tidak ada yang mengetahui tanggal  lailatul qadar 

Malam lailatul qadar tidak diketahui pasti jatuh pada tanggal berapa disetiap bulan Ramadan, tetapi yang perlu umat islam ketahui yakni malam lailatul qadar tersebut jatuh pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadan yang diyakini terjadi pada malam-malam ganjil. 

Setiap kejadian yang terjadi didunia pasti mempunyai hikmah dibaliknya, salah satunya yakni tidak ada seorangpun yang mengetahui tanggal pasti terjadinya malam lailatul qadar. Hikmah yang dapat diambil yakni agar seluruh umat muslim bisa lebih berusaha dalam mencarinya dengan memperbanyak ibadah dan tetap konsisten dalam mengerjakannya hingga menjelang akhir Ramadan. 

Rasulullah saw bersabda:

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِي الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ ر َمَضَانَ

Artinya:

Carilah Lailatul Qadr pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan (HR. Al- Bukhari).

2. Turunnya Alquran

Keutamaan terbesar pada malam lailatul qadar yakni turunnya alquran, Allah swt menurunkan alquran kepada umat manusia sebagai anugerah dan sumber petunjuk atau pedoman dalam menjalani hidup.

Allah swt berfirman dalam surah Ad-Dukhan 

إِنّا أَنزَلناهُ في لَيلَةٍ مُبارَكَةٍ

Artinya:

Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Quran) pada malam yang penuh berkah (QS. Ad-Dukhan, 44:3).

3. Pahala yang diberikan lebih baik dari seribu bulan

Keistimewaan pada lailatul qadar yaitu setiap amalan yang dilakukan pada malam ini maka nilainya lebih baik dari seribu bulan yakni amal baik dan ibadah yang dikerjakan akan dihitung seperti melakukannya seumur hidup atau selama seribu bulan.

Rasulullah saw bersabda

مَن قَامَ لَيلَةَ القَدرِ إِيمَانًا وَاحتِسَابًا، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّم مِن ذَنبِه

Artinya:

Barangsiapa yang mendoakan malam Lailatul Qadr karena iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

4. Malam yang penuh dengan ampunan

Malam lailatul qadar menjadi malam yang sangat ditunggu para umat islam karena pada malam ini terdapat banyak keistimewaan yang diberikan, yakni salah satunya mendapatkan ampunan dari Allah swt. 

Setiap manusia didunia mempunyai dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan selama hidupnya, maka pada malam lailatul qadar menjadi kesempatan untuk yang baik untuk mendapatkan ampunan atas segala dosa yang dilakukan.

Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa menegakkan shalat pada malam Lailatul Qadr atas dorongan iman dan mengharap balasan (dari Allah), diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu.” (H.R Al Bukhari, An Nasa’i, dan Ahmad).

5. Malaikat akan turun ke bumi

Semua manusia dianjurkan untuk memperbanyak membaca doa khususnya pada malam ganjil disepuluh hari terakhir bulan Ramadan. doa yang dipanjatkan mulai dari urusan duniawi hingga akhirat. Hal tersebut dilakukan karena pada malam ini malaikat Jibril dan malaikat lainnya turun ke bumi dengan membawa rahmat dan keberkahan untuk seluruh manusia.

Allah swt berfirman 

تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ

Artinya:

Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” (QS. Al- Qadar ayat 4).

6. Malam yang penuh dengan keberkahan

Seluruh umat muslim didunia akan berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan melalui ibadah yang dikerjakan, khususnya saat sepuluh malam terakhir dibulan Ramadan karena adanya malam lailatul qadar. 

Pada malam tersebut dipenuhi dengan keberkahan yang diberikan Allah swt kepada umatnya melalui para malaikat yang diturunkan ke bumi, bagi manusia yang beribadah dengan sungguh-sungguh pada malam lailatul qadar akan mendapatkan keberkahan. 

Allah swt berfirman, “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami.  Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul.” (QS. Al-Dukhan: 3-5).

(Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper