Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Umat Muslim New York Gelar Salat Tarawih Pertama Ramadan di Times Square

Berikut momen Umat muslim menggelar salat Tarawih pertama Ramadan di Times Square, New York pada hari Minggu, (10/3/2024).
Umat muslim berkumpul di Times Square, New York, Amerika Serikat pada hari Minggu, (10/3/2024), untuk merayakan malam pertama Ramadan dengan salat tarawih. Sumber: ny1.com
Umat muslim berkumpul di Times Square, New York, Amerika Serikat pada hari Minggu, (10/3/2024), untuk merayakan malam pertama Ramadan dengan salat tarawih. Sumber: ny1.com

Bisnis.com, JAKARTA – Umat muslim berkumpul di Times Square, New York, Amerika Serikat pada hari Minggu, (10/3/2024), untuk merayakan malam pertama Ramadan dengan salat tarawih. 

Penyelenggaran acara tersebut, Sohail Qureshi menyampaikan hal ini menjadi penyatu umat muslim di New York yang melaksanakan ibadah puasa Ramadan.  

"Acara ini memungkinkan kami untuk terhubung dengan masyarakat - mereka yang mengalami kesulitan pangan - dan memahami perasaan mereka serta mengembangkan lebih banyak empati kepada mereka yang tidak mampu," ujarnya, dikutip dari Spectrum News NY1, Senin (11/3/2024). 

Liburan selama sebulan penuh adalah waktu bagi umat Muslim untuk merayakan iman mereka, terhubung dengan agama mereka dan melakukan perbuatan baik.

Selama bulan Ramadan, umat muslim menjalankan puasa dari fajar hingga matahari terbenam dan membaca Al-Quran.

Qureshi menyampaikan pada Ramadan kali ini terasa lebih emosional bagi banyak orang, karena perang Israel-Hamas yang masih berlangsung setelah dua tahun berlalu. 

"Ramadan kali ini sedikit lebih menyakitkan bagi kami karena saudara-saudara kami di Palestina," ujar Qureshi, yang akrab disapa SQ.

Khadijah Fajry dari Long Island City memiliki keluarga di Prancis dan Maroko. Dirinya turut hadir di Times Square dan memberinya rasa kebersamaan dengan keluarganya yang berada di berbagai belahan dunia.

"Sungguh istimewa berada di sini di New York, di Times Square, dan berkumpul bersama - semua Muslim dari seluruh penjuru dunia," kata Fajry.

Orang-orang yang melakukan salat pada malam pertama tersebut mengatakan bahwa mereka ingin menyebarkan nur, yang berarti cahaya.

Acara yang berlangsung pada Minggu malam telah menjadi tradisi bagi sebagian orang sejak dimulai tiga tahun lalu. Artinya, umat muslim di New York akan mulai melakukan puasa pada 11 maret 2024. 

Salah satu yang hadir, Muhammad Abdul-Aleem belum pernah melewatkan satu pun tradisi tersebut selama tiga tahun.  

"Kami akan menggunakan kesempatan ini untuk berdoa bagi mereka yang tertindas - mereka yang membutuhkan," kata Abdul-Aleem.

Di Indonesia, pemerintah telah secara resmi menetapkan awal puasa Ramadan 1445 H/2024 M dilaksanakan pada besok, Selasa 12 Maret 2024. Ketetapan ini disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebagai hasil Sidang Isbat Awal Ramadan 1445 H. 

"Berdasarkan hisab, posisi hilal di beberapa daerah di Indonesia sudah di atas ufuk dan tidak memenuhi kriteria MABIMS baru, serta ketiadaan melihat hilal, sidang isbat secara mufaakat menetapkan bahwa 1 Ramadan 1445 Hijriyah jatuh pada hari Selasa, tanggal 12 Maret 2024 masehi," ungkap Menag, Minggu (10/3/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper