Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Amalan Sunnah di Bulan Sya’ban, Banyak Pahalanya

Banyak pahalanya, ini amalan sunnah yang bisa Anda lakukan di bulan syaban
Amalan Sunnah di Bulan Sya’ban, Banyak Pahalanya/nu.or.id
Amalan Sunnah di Bulan Sya’ban, Banyak Pahalanya/nu.or.id

Bisnis.com, JAKARTA - Bulan Sya’ban menjadi bulan terakhir sebelum memasuki bulan Ramadan. Tentunya, bulan ini memiliki segudang manfaat bagi Anda, untuk memperbanyak ibadah dan meningkatkan kualitas diri.

Bulan ini juga memiliki berbagai sunnah rasul yang dapat diikuti oleh seluruh umat Islam. Melansir dari NU Online, dalam (HR Al - Bukhari) bahwa Rasulullah SAW berpuasa selama bulan Ramadan, dan lebih sering melakukan puasa sunnah di bulan sya’ban daripada bulan yang lainnya.

Keberkahan dan kelimpahan, hadir pada bulan Sya’ban. Dimana Allah SWT membukakan pintu langit supaya hamba-Nya dapat meminta dan memanjatkan doa sebanyak-banyaknya.

Tak hanya itu, Allah SWT juga membuka pintu rahmat dan ampunan bagi manusia yang senantiasa memohon ampun atas segala dosa dan kejahatan yang telah diperbuat oleh hamba-Nya semasa hidup.

Sementara itu, amalan yang dapat dikerjakan selama bulan sya’ban bukan hanya berpuasa saja. Melainkan dengan memperbanyak istighfar, memperbanyak doa,dan membaca dua kalimat syahadat sebanyak-banyaknya.

Dilansir dari artikel di NU Online, Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki menjelaskan amalan sunnah yang dilakukan selama bulan Sya’ban, yaitu:

1. Memperbanyak istighfar

Memperbanyak istighfar menjadi salah satu amalan yang dapat dilakukan untuk mengurangi berbagai dosa yang terjadi dalam kehidupan manusia.

Sejatinya manusia tidak lepas dari dosa dan kesalahan. Dengan mengucap istighfar segala bentuk kesalahan maupun dosa akan diampuni oleh Allah SWT.

2. Memperbanyak doa

Memperbanyak doa di bulan Sya’ban memiliki banyak manfaat bagi manusia. Anda bisa berdoa dan meminta segala pertolongan kepada Allah SWT.

Hal ini berdasarkan hadits riwayat Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:
ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء، إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء

Artinya, “(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan).” (HR Al-Baihaqi).

Pada malam Nisfu Sya’ban segala bentuk kelimpahan dan keberkahan hadir di dunia. Maka dari itu, Anda bisa memanjatkan doa terbaik kepada Allah SWT.

Tidak hanya saat malam Nisfu Sya’ban saja, melainkan setiap malam di bulan Sya’ban segala bentuk keinginan dan doa dari umat Islam akan didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT.

3. Mengucap dua kalimat syahadat

Mengucap dua kalimat syahadat menjadi salah satu bentuk pembuktian bahwa Anda sebagai umat Islam senantiasa mengingat Allah SWT.

Tak hanya itu, dengan mengucap dua kalimat syahadat secara berulang-ulang dapat meningkatkan iman serta ketaqwaan untuk meminta rahmat nikmat iman dan islam kepada Allah SWT.

Mengucap istighfar, memohon doa, dan mengucapkan kalimat syahadat, merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh seluruh umat Islam.

Namun, tidak semua umat Islam dapat memahami makna dibalik keistimewaan hal tersebut. Ibadah bukan hanya sekedar sholat dan berpuasa saja, melainkan dengan melakukan hal-hal ringan seperti di atas, mampu menambah nilai pahala bagi diri Anda.

Amalan sunnah yang sudah disampaikan di atas memiliki keuntungan untuk meningkatkan pahala bagi seluruh umat Islam. Hadirnya bulan Sya’ban, dapat meningkatkan kualitas ibadah Anda sebelum memasuki bulan suci Ramadan.

Sehingga, Anda bisa menyesuaikan kebiasaan beribadah secara taat, tepat, dan sesuai dengan ajaran Islam. Bagi Anda yang beragama Islam, silahkan berlomba-lomba dalam hal menuju kebaikan di bulan Sya’ban. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper