Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Strategi Komeng agar Unggul Raih Suara di DPD Jawa Barat

Komeng mengungkapkan bahwa dirinya ingin memajukan berbagai kesenian khususnya di Jawa Barat saat lolos menjadi anggota DPD.
Calon DPD Jawa Barat Alifiansyah Komeng
Calon DPD Jawa Barat Alifiansyah Komeng

Bisnis.com, JAKARTA - Pengamat Politik Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin mengungkapkan strategi Alfiansyah Komeng atau Komeng dalam meraih suara terbanyak pada pertarungan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Jawa Barat. 

Diketahui, berdasarkan data dari laman resmi KPU pada 19 Februari 2024, Komeng berhasil meraih suara 11,84%. Angka tersebut menyalip Jihan Fahira yang memperoleh suara 4,58% dan Aanya Rina Casmayanti 5,34%. Mendominasinya angka komeng di DPD Jawa Barat berpotensi membawa dirinya untuk melenggang di Senayan. 

Ujang menjelaskan salah satu hal mendasar yang membawa Komeng meraup suara terbanyak adalah memberikan perbedaan foto pada kertas suara, sehingga para peserta pemilu akan memusatkan perhatiannya kepada Komeng. 

“Mas Komeng, saya melihat dia pendekatan yang unik. Ya, kan tadi dengan foto, ya, yang kalau ga salah yang menarik yang berbeda. Memiliki diferensiasi. Pembeda dengan yang lain. Ya, ini keunikannya disitu,” ujarnya dikutip dari Youtube, Senin (19/02/2024). 

Dirinya juga mengaitkan perilaku masyarakat Jawa Barat yang memiliki kecenderungan untuk memilih figure politik karena telah dikenal oleh masyarakat secara luas. 

“Ada keunikan tertentu dalam konteks memilih. Ya, makanya kalau orang Jawa Barat tuh gini, kalau udah seneng sama orang tertentu, ya sudah, ya di situ saja,” ungkapnya

Disisi lain, majunya Komeng di kancah politik bukan tanpa sebab. Komeng mengungkapkan bahwa dirinya ingin memajukan berbagai kesenian khususnya di Jawa Barat. 

“Ingin mengembangkan kesenian di Jawa Barat pada khususnya, di Indonesia pada umumnya. Dengan komedi untuk memancing kebahagiaan,” kata Komeng. 

Kecintaannya terhadap kesenian telah dilakoninya ketika bergabung dalam grup lawak Diamor pada tahun 1989, yang beranggotakan Rudi Sipit, Mamo, dan Jarwo. 

Mengutip dari wikipedia, Komeng pernah membintangi serial komedi, seperti Kompor Diamor (1991), Akal-Akalan (1996), Otak-Otak Kuda (1996), dan Malioboro (1996). (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper