Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

70 TPS Terdampak Hujan Deras di Hari Pemilu 2024

Sebanyak 70 TPS terdampak hujan deras di hari pemilu 2024 hari ini
Suasana di TPS 081 Pademangan Barat, Jakarta Utara, Rabu (14/2/2024), tergenang banjir. Bisnis/Rika Anggraeni
Suasana di TPS 081 Pademangan Barat, Jakarta Utara, Rabu (14/2/2024), tergenang banjir. Bisnis/Rika Anggraeni

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat 70 tempat pemungutan suara atau TPS terendam genangan air imbas hujan deras yang terjadi pada Rabu pagi (14/2/2024).

Adapun sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat curah hujan tertinggi terjadi di kawasan Istana dan Waduk Sunter (180 mm/hari) serta Kelapa Gading (170,4 mm/hari).

Hujan deras tersebut juga menyebabkan 70 TPS  atau 0,22% dari 30.766 TPS tergenang air pada Pemilu hari ini. Secara terperinci, 31 TPS terendam genangan di Jakarta Barat yakni 9 TPS di Kelurahan Kapuk, 3 TPS di Kelurahan Mangga Besar, 3 TPS di Kelurahan Kembangan Utara, 2 TPS di Kedoya Selatan, 2 TPS Duri Kepa, 6 TPS di Rawa Buaya, dan 6 TPS di Duri Kosambi.

Sementara di Jakarta Utara terdapat 27 TPS yang terdampak genangan air yakni Kelurahan Kebon Bawang sebanyak 1 TPS, Kel. Rawa Badak Selatan sebanyak 1 TPS, 4 TPS di Kelapa Gading Timur, 2 TPS di Tugu Utara, 1 TPS di Sungai Bambu, dan 18 TPS di Kelapa Gading Barat.

Selain itu 3 TPS di Cakung Timur, Jakarta Timur ikut terdampak hujan deras pagi tadi, 3 TPS terendam di Kelurahan Gunung Sahari Utara Jakarta Pusat dan 6 TPS terendam di Kuningan Barat Jakarta Selatan.

Adapun sejumlah upaya untuk memastikan pelaksanaan pemungutan suara tetap berjalan, BPBD DKI Jakarta mengerahkan lebih dari 200 petugas penanggulangan bencana ke lokasi TPS yang terdampak banjir untuk membantu perpindahan TPS ke lokasi yang lebih aman. 

Selain itu, BPBD DKI juga berkoordinasi dengan Dinas SDA, Dinas Gulkarmat, dan unsur terkait lainnya untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat.

"Upaya ini didukung dengan peralatan penunjang yang dimiliki seperti perahu, tenda, dll dengan bantuan ratusan personel gabungan seperti Dinas SDA, Dinas Gulkarmat, PPSU Kelurahan, pengurus RT/RW setempat, dan unsur terkait lainnya," tulis keterangan pers BPBD DKI Jakarta, Rabu (14/2/2024).

Sebelumnya, berdasarkan catatan Bisnis terdapat 2 TPS di RW 14 Pademangan Barat, Jakarta Utara mengalami roboh akibat hujan deras yang melanda kawasan tersebut. Adapun TPS yang ambruk akibat hujan deras tersebut yakni TPS 219 Dan TPS 225.

Berdasarkan pantauan Bisnis, TPS 219 terpaksa dipindahkan tempat ke depan Masjid Jami Nurul Falah yang berlokasi tidak jauh dari lokasi TPS asal. Sementara TPS 225 terpaksa dibuat lagi dengan bahan seadanya, di lokasi yang sama. 

Panitia Pengawasan Pemilihan (Panwaslu) TPS 219 Rahman mengatakan hujan deras yang melanda wilayah tersebut sejak pukul 02.00 dini hari membuat tiang-tiang yang semula dibuat dari bambu menjadi goyah dan akhirnya ambruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper