Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejarah 30 Januari, Meninggalnya Tokoh Kemanusiaan Mahatma Gandhi

Tokoh Kemanusiaan dunia Mahatma Gandhi meninggal dunia pada 30 Januari karena dibunuh
Patung Mahatma Gandhi/Bloomberg
Patung Mahatma Gandhi/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - 30 Januari merupakan hari meninggalnya tokoh asal India Mahatma Gandhi.

Tokoh anti kekerasan paling terkenal di abad ke-20 bernama lengkap Mohandas Mahatma Gandhi ini, meninggal dunia karena dibunuh.

Pada tanggal 29 Januari salah satu orang fanatiknya, pria berusia tiga puluhan bernama Nathuram Godse, menembaknya denganpistol otomatis Beretta.

Sekitar jam 5 sore keesokan harinya, Gandhi yang berusia 78 tahun, yang sedang lemah karena berpuasa, dibantu melintasi taman Rumah Birla oleh keponakan-keponakannya dalam perjalanan ke pertemuan doa.

Saat itulah pria bernama Nathuram Godse itu muncul dari kerumunan membungkuk padanya dan menembaknya tiga kali dari jarak dekat di perut dan dada.

Gandhi mengangkat tangannya di depan wajahnya seperti sikap salam tradisional Hindu, seolah-olah dia sedang menyambut pembunuhnya, dan merosot ke tanah, terluka parah.

Beberapa orang mengatakan bahwa dia berteriak, 'Ram, Ram' ('Tuhan, Tuhan'), meskipun yang lain tidak mendengar dia mengatakan apa pun.

Dalam kebingungan tersebut, tidak ada upaya untuk memanggil dokter atau membawa orang yang sekarat itu ke rumah sakit dan dia meninggal dalam waktu setengah jam.

Nathuram Godse mencoba bunu diri namun gagal untuk menembak dirinya sendiri dan ditangkap serta dilarikan sementara massa yang terkejut dan histeris berteriak, 'Bunuh dia, bunuh dia!' dan mengancam akan menghukum mati dia. Dia diadili karena pembunuhan pada bulan Mei dan digantung pada bulan November tahun berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper