Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejarah Hari Pendidikan Internasional, Diperingati Setiap 24 Januari

Setiap tanggal 24 januari diperingati sebagai hari pendidikan internasional
Sejarah Hari Pendidikan Internasional, Diperingati Setiap 24 Januari/ Dok Freepik
Sejarah Hari Pendidikan Internasional, Diperingati Setiap 24 Januari/ Dok Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - UNESCO mendedikasikan Hari Pendidikan Internasional yang dirayakan pada tanggal 24 Januari 2024 untuk mengetahui peran penting pendidikan dan guru dalam melawan ujaran kebencian, sebuah fenomena yang semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir dengan penggunaan media sosial, yang merusak tatanan masyarakat kita.

Dunia sedang menyaksikan lonjakan konflik kekerasan yang dibarengi dengan meningkatnya diskriminasi, rasisme, xenofobia, dan ujaran kebencian.

Dampak kekerasan ini melampaui batasan apa pun berdasarkan geografi, gender, ras, agama, politik, baik offline maupun online. Komitmen aktif terhadap perdamaian menjadi lebih mendesak saat ini dibandingkan sebelumnya: Pendidikan adalah inti dari upaya ini, sebagaimana digarisbawahi oleh Rekomendasi UNESCO mengenai Pendidikan untuk Perdamaian, Hak Asasi Manusia dan Pembangunan Berkelanjutan.

Pembelajaran untuk perdamaian harus bersifat transformatif, dan membantu memberdayakan peserta didik dengan pengetahuan, nilai-nilai, sikap dan keterampilan serta perilaku yang diperlukan untuk menjadi agen perdamaian di komunitas mereka.

Sejarah hari pendidikan internasional

Pada tanggal 3 Desember 2018, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa dengan konsensus mengadopsi resolusi yang menyatakan tanggal 24 Januari sebagai Hari Pendidikan Internasional, untuk merayakan peran pendidikan bagi perdamaian dan pembangunan.

Disahkannya resolusi 73/25 “Hari Pendidikan Internasional”, yang disusun bersama oleh Nigeria dan 58 Negara Anggota lainnya, menunjukkan kemauan politik yang teguh untuk mendukung tindakan transformatif demi pendidikan yang inklusif, adil dan berkualitas bagi semua.

Dengan melakukan hal ini, komunitas internasional menegaskan kembali bahwa pendidikan memainkan peran penting dalam membangun masyarakat yang berkelanjutan dan tangguh, serta berkontribusi terhadap pencapaian semua Tujuan Pembangunan Berkelanjutan lainnya.

Dengan tujuan untuk meningkatkan kerja sama internasional dalam mendukung upaya menuju realisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 4, resolusi tersebut meminta semua pemangku kepentingan termasuk Negara-negara Anggota, organisasi-organisasi sistem PBB, dan masyarakat sipil, organisasi non-pemerintah, lembaga akademis, dan sektor swasta. sektor, individu dan pemangku kepentingan terkait lainnya untuk memperingati Hari Pendidikan Internasional.

UNESCO, sebagai badan khusus PBB untuk pendidikan, memfasilitasi peringatan tahunan tersebut melalui kerja sama yang erat dengan para pelaku pendidikan utama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper