Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Istana Klaim Hubungan Jokowi dan PDIP Masih Baik

Istana memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) absen menghadiri HUT Ke-51 PDIP tetapi hubungannya dengan parpol tersebut baik-baik saja.
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo (Jokowi)./ilustrasi
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo (Jokowi)./ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana memastikan meskipun Presiden Joko Widodo (Jokowi) absen menghadiri HUT Ke-51 PDIP tetapi hubungannya dengan parpol tersebut baik-baik saja.

Sekadar informasi, PDIP akan merayakan puncak hari ulang tahun atau HUT ke 52 pada hari ini. Sebelum tahun pemilu, Jokowi selalu datang dan memberikan sambutan pada HUT PDIP.

Namun demikian, ayah dari calon wakil presiden, Gibran Rakabuming Raka, itu absen untuk pertama kalinya dalam peringatan HUT PDIP tahun ini. 

“Komunikasi tetap baguslah dengan semua tokoh politik dengan semua tokoh partai. Komunikasi presiden bagus sekali,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (10/1/2024).

Lebih lanjut, Ari mengatakan bahwa melalui sikap orang nomor satu di Indonesia tersebut yang selalu mengedepankan komunikasi yang baik, maka suasana politik di Tanah Air tetap sehat.

Bahkan, dia berharap agar demokrasi Indonesia juga makin berkualitas dan berjalan dengan damai dengan tidak ada ketegangan di antara setiap elitnya.

“Elitenya saja berkomunikasi dengan baik rakyatnya pasti komunikasinya jauh lebih baik,” imbuhnya.

Di sisi lain, Ari memastikan bahwa undangan dari partai berlogo moncong banteng tersebut memang belum diterima oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg).

Ari pun menegaskan bahwa Jokowi tak ada niatan sedikit pun untuk absen dalam HUT Ke-51 tersebut, sebab jadwal kunjungan kenegaraannya ke tiga negara di Asia Tenggara (Asean), yaitu Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam sudah terjadwal sejak lama.

“Karena ini sudah rencana yang dirancang lama beberapa bulan lalu sudah melibatkan Kementerian Luar Negeri dan dua negara tentang kunjungan negara ke tiga negara ini,” pungkas Ari.

Ma'ruf Amin Hadir

Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin memastikan akan menghadiri perayaan HUT Ke-51 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Rabu (10/1/2024) ini.

Orang nomor dua di Indonesia itu mengatakan bahwa kehadirannya tersebut lantaran harus menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tengah melaksanakan kunjungan kenegaraan selama sepekan.

“Saya diundang dan Pak Presiden pergi ke luar Negeri, ya mungkin terpaksa saya harus hadir mewakili pemerintah untuk hadir ke undangan itu. Saya kira itu, mudah-mudahan [hadir] kalau tidak ada halangan,” ujarnya di Pendopo Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Selasa (9/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper