Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkes Sediakan 2.890 Posko Kesehatan Gratis di Jalur Wisata Libur Tahun Baru

Kemenkes menyediakan sekitar 2.890 posko yang tersebar di tempat istirahat (rest area), pintu tol, tempat ibadah, hingga tempat wisata.
Posko kesehatan/Istimewa
Posko kesehatan/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan menyediakan sekitar 2.890 posko kesehatan yang tersebar di tempat istirahat (rest area), pintu tol, tempat ibadah, tempat wisata, dan tempat penyeberangan, terutama di pelabuhan Merak Banten dan jalur Cikopo Jawa Barat.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyampaikan, masyarakat dapat memanfaatkan layanan di posko tersebut tanpa dipungut biaya alias gratis. 

“Layanan kesehatan ini dapat diakses semua masyarakat secara gratis. Layanan ini juga akan memberikan rujukan dengan dua jenis pertanggungan (coverage), yakni pertanggungan oleh BPJS Kesehatan dan pertanggungan kecelakaan oleh Jasa Raharja,” kata Nadia dalam keterangan tertulis, Minggu (31/12/2023).

Layanan yang disiapkan diantaranya layanan kesehatan dasar, cek tekanan darah, kegawatdaruratan, akupresur atau pijat akupuntur di beberapa posko.

Sekretaris Jenderal Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan Pelabuhan Merak telah memastikan kesiapan pos kesehatan. Hingga saat ini, pelayanan di posko kesehatan Pelabuhan Merak masih terkendali.

“Rata-rata setiap hari ada 7 orang yang mendapatkan pelayanan di pos kesehatan Merak,” ungkapnya.

Kunta menambahkan, posko kesehatan diperkuat dengan puskesmas dan rumah sakit, terutama yang berada di jalur wisata termasuk yang ada di jalur Cikopo.

Adapun pelayanan kesehatan selama libur Tahun Baru didukung oleh 10.147 puskesmas dan 3.187 rumah sakit. 

“Ini adalah kesiapan kita untuk menghadapi arus libur tahun baru dari 18 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024,” ujarnya.

Tercatat per 27 Desember 2023, sebanyak 40 orang dengan kasus terbanyak ISPA, yaitu 14 orang. Sisanya, penyakit telinga 1 orang, masalah gigi berlubang (caries dental) 2 orang, hipertensi 2 orang, hematoma 2 orang, sinus node dysfunction (SND) 1 orang, nyeri otot (myalgia) 2 orang, pemeriksaan tensi darah 10 orang, dan gangguan pencernaan atau dispepsia 6 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper