Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI Finance Dorong Desa Tumbuh Berkelanjutan

Dukung desa berkelanjutan, BRI Finance bantu sarana pengolahan sampah.
Logo BRI Finance./Bisnis.com
Logo BRI Finance./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA— PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) bersinergi dengan induk Bank BRI untuk mendukung desa tumbuh berkelanjutan. Perseroan menyalurkan bantuan sarana dan prasarana pengelolaan sampah di Desa Sukamurni, Kecamatan Cilawu, Garut, Jawa Barat.

Direktur Manajemen Risiko BRI Finance, Ari Prayuwana menyebut bahwa desa tersebut merupakan kawasan wisata yang menghimpun bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) seperti pelaku usaha pembuatan cuanki, yoghurt dan sapi perah yang mendukung desa untuk tumbuh produktif dan berkelanjutan. 

“Alasan BRI Finance memilih desa tersebut karena masih kurangnya sarana dan prasarana pengelolaan sampah di Desa Sukamurni. Pada hari ini, BRI Finance menyalurkan sekitar 70 tempat pemilah sampah,” ungkap Ari dalam keterangannya Jumat (29/12/2023). 

Ari mengatakan dengan tersedianya tempat pemilahan sampah bagi warga lokal dan wisatawan. Sampah menjadi sumber permasalahan bagi lingkungan apabila dibiarkan begitu saja. 

Selain itu, lanjut Ari, dengan tempat pemilahan sampah tiga jenis tersebut menjadi lebih mudah untuk pengelolaan selanjutnya. Pengelolaan kebersihan lingkungan tersebut akan ditindaklanjuti dengan kerja sama secara kolektif untuk mengklasifikasikan sampah sebelum diproses ke tahap selanjutnya.

Manfaat pemilahan sampah pertama yaitu lebih efisien waktu sebab untuk masuk tahap daur ulang karena tidak perlu lagi dilakukan berdasarkan jenis sampahnya. 

Kedua, manfaatnya dengan membuah sampah ke tempat sesuai jenisnya bisa mengurangi terjadinya penumpukan dan memudahkan proses pengangkutan ke TPA dan yang terakhir pemilahan sampah dapat memberikan manfaat mengurangi polusi udara, sebab tidak membakar sampah dengan kandungan zat tertentu.

Menurut Ari, melalui program  ini membuktikan pula komitmen perseroan untuk menjadi perusahaan pembiayaan terdepan. 

“Sekaligus menjadi bukti konkret bahwa BRI Finance mengedepankan pertumbuhan berkelanjutan. Sebab, salah satu keberhasilan perusahaan di era saat ini adalah dengan berupaya merealisasikan konsep triple bottom line yaitu pro people, pro planet, dan pro profit dalam melaksanakan program CSR,” ungkapnya. 

Sebelumnya, pada Oktober lalu BRI Finance juga melaksanakan CSR bidang lingkungan yakni penanaman pohon produktif. 

Ari pun menegaskan, dalam pelaksanaan berbagai program CSR-nya BRI Finance berkomitmen untuk memperkuat penerapan prinsip Environmental, Social dan Governance (ESG). 

“Oleh karena itu program-program CSR BRI Finance tersebut menggambarkan bahwa kami peduli pada masa depan yang berkelanjutan. Kami berharap program-program CSR Perseroan bermanfaat secara jangka panjang,” tutup Ari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper