Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Jalur Perairan Paling Berbahaya di Dunia

Laut Cina Selatan merupakan jalur perdagangan yang penting, tetapi dilanda sengketa wilayah.
Armada angkatan laut Australia. Australia menjadi sekutu penting Amerika Serikat di Pasifik, namun juga tengah mesra menjadi kerja sama ekonomi dengan China./Reuters
Armada angkatan laut Australia. Australia menjadi sekutu penting Amerika Serikat di Pasifik, namun juga tengah mesra menjadi kerja sama ekonomi dengan China./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Laut merupakan perairan yang menjadi tujuan bagi banyak orang ketika ingin berlibur. Pasir putih, air yang biru hingga udara yang segar membuat banyak orang senang berada disekitarnya untuk menikmati segala keindahannya.

Namun, tak hanya menyimpan keindahan bagi wisatawan. Ternyata, ada pula perairan yang berbahaya di dunia. Beberapa perairan dari seluruh dunia terkenal dengan perairannya yang berbahaya dan tingkat kejahatan yang tinggi, sehingga disebut sebagai perairan paling berbahaya di dunia.

Ini 10 perairan yang paling berbahaya di dunia:

1. Jalur Drake 

Terletak di antara Cape Horn di Amerika Selatan dan Antartika, Jalur drake terkenal dengan kondisi cuacanya yang ekstrem, seperti angin kencang, ombak besar dan badai yang datang tidak dapat diprediksi akibat pertemuan Samudra Atlantik Pasifik, dan Selatan.

2. Samudra Atlantik Utara

Wilayah ini rentan terhadap badai dan angin topan yang dahsyat, adanya arus kuat, gunung es, dan kabut menambah risiko terjadinya badai.

3. Laut Bering

Terletak di antara Alaska dan Rusia, Laut bering terkenal karena semua alasan. Kondisi cuaca ekstrem, suhu sangat dingin, badai dahsyat, dan ombak besar yang sering terjadi, sehingga menyulitkan navigasi bagi para pelaut.

4. Laut Cina Selatan

Laut China Selatan merupakan jalur perdagangan yang penting, tetapi dilanda sengketa wilayah, pembajakan, dan tingginya volume lalu lintas maritim. Sehingga, Laut Cina Selatan telah menjadi saksi banyaknya kehilangan, tabrakan, dan kecelakaan.

5. Teluk Aden

Terletak di antara Yaman dan Somalia, jalur laut ini terkenal dengan aktivitas pembajakan dengan banyaknya korban jiwa. Kapal dan perahu yang melewati kawasan ini berisiko dibajak dan diserang dengan senjata.

6. Laut Hitam

Laut hitam terkenal dengan badai yang datang secara tiba-tiba dan dahsyat, Laut ini juga menimbulkan banyak risiko karena kedalamannya, yang dapat menyebabkan perubahan kondisi dengan cepat. Dengan kedalaman rata-rata lebih dari 2 mil, laut ini juga merupakan salah satu laut terdalam di Dunia.

7. Laut Tasman

Salah satu jalur laut paling sulit dilintasi, terdapat antara Australia dan Selandia Baru. Di laut tasman sering terjadi badai yang sangat dahsyat dan pola cuaca yang intens.


8. Laut Labrador

Laut labrador adalah laut yang penuh kekerasan. Daerah ini rentan terhadap kabut tebal, gunung es, dan kondisi cuaca buruk, terutama di musim dingin.

9. Teluk Biskai

Terletak di pantai barat Perancis dan pantai utara Spanyol, Teluk Biskai adalah perairan yang harus dihindari. Badai, ombak besar, dan kabut tebal.

10. Danau Maracaibo

Sebuah danau di Venezuela, Maracaibo menyaksikan dan terkenal dengan Petir Catatumbo, badai malam, dan kilatan cahaya yang berlangsung lebih dari 10 jam. (Luygi Ambhara Putri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper