Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polda Metro Siap Beri Pengamanan di 1.807 Gereja Jabodetabek saat Natal

Polda Metro Jaya bakal memberikan pengamanan di 1.807 Gereja Jakarta dan sekitarnya pada Hari Raya Natal 2023. Mayoritas di Jakarta Utara.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Trunoyudo Wisnu Andiko/Polda Metro Jaya
Kabid Humas Polda Metro Jaya Trunoyudo Wisnu Andiko/Polda Metro Jaya

Bisnis.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya bakal memberikan pengamanan di 1.807 gereja Jakarta dan sekitarnya pada Hari Raya Natal 2023.

"Jumlah gereja di Jakarta dan sekitarnya yang kita beri pengamanan sebanyak 1.807 gereja," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, dikutip Minggu (23/12/2023).

Trunoyudo juga menyampaikan perinciannya ribuan gereja tersebut terdiri dari 138 gereja di Jakarta Pusat, 287 gereja di Jakarta Utara, 204 gereja di Jakarta Barat, 126 gereja di Jakarta Selatan dan 171 gereja di Jakarta Timur.

Selain di Jakarta, pengamanan juga bakal dilakukan di 213 gereja di Kota Tangerang, 277 gereja di Kota Bekasi, 144 gereja di Kabupaten Bekasi, 165 gereja di Depok, 81 gereja di Tangerang Selatan dan 1 gereja di kawasan Bandara Soekarno Hatta.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto menyampaikan bahwa pihaknya bakal mengerahkan 4.041 personel untuk disiagakan dalam Operasi Lilin Jaya 2023 atau perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

"Personel yang kami siapkan 4.041 [personel] yang terdiri dari aparat pemerintah TNI dan Polri," kata Karyoto kepada wartawan, Senin (18/12/2023).

Dia mengatakan bahwa gereja menjadi salah satu fokus pengawalan yang dilakukan pihaknya dalam mengantisipasi ancaman teror. 

Dengan begitu, Jenderal Bintang Dua itu telah memerintahkan Kapolres jajaran untuk dilakukan pemetaan terhadap gereja di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"itu yang menjadi salah satu concern kami, bahwa tempat ibadah ini kan tempat kumpulnya orang banyak, kami sudah minta para Kasatker, Kapolres yang turun di lapangan langsung sebagai komandan pengamanan objek harus bisa memetakan kerawanannya apa," kata Karyoto kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Senin (18/12/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper