Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TKN hingga Jubir Menhan Bantah Prabowo Pakai Fasilitas Negara untuk Kampanye

TKN Prabowo-Gibran membantah penggunaan fasilitas negara saat kunjungan Prabowo ke posko erupsi Marapi di Kabupaten Agam, Sumatra Barat
TKN hingga Jubir Menhan Bantah Prabowo Pakai Fasilitas Negara untuk Kampanye, Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Calon Presiden Prabowo Subianto./ Antara
TKN hingga Jubir Menhan Bantah Prabowo Pakai Fasilitas Negara untuk Kampanye, Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Calon Presiden Prabowo Subianto./ Antara

Bisnis.com, JAKARTA –Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Prabowo Subianto–Gibran Rakabuming membantah tudingan atas penggunaan fasilitas negara saat kunjungan Prabowo ke posko erupsi Marapi di Kabupaten Agam, Sumatra Barat, Sabtu (9/12/2023).

Komandan Tim Bravo TKN Budisatrio Djiwandono mengatakan bahwa fasilitas negara dimaksud, yakni helikopter TNI AU, berhak digunakan oleh Prabowo lantaran kunjungannya ke posko erupsi itu dalam kapasitasnya sebagai Menteri Pertahanan (Menhan), bukan calon presiden (capres). 

"Pak Prabowo sebagai Menhan berkunjung ke Posko Erupsi Marapi. Jadi wajar kalau menggunakan helikopter milik TNI, itu memang fasilitas untuk Menhan," tutur Budisatrio kepada wartawan dalam siaran pers, yang dikutip Senin (12/12/2023). 

Politisi Partai Gerindra itu lalu menegaskan bahwa Prabowo tidak sedang berkampanye dalam kunjungannya ke posko erupsi. Dia menyebut tidak ada atribut partai atau paslon nomor urut 2 yang digunakan saat Prabowo menemui keluarga korban erupsi Gunung Marapi. 

Kunjungan Prabowo kemarin luas, lanjut Budisatrio, juga didampingi sejumlah pejabat di daerah setempat seperti Bupati Agam, Bupati Tanah Datar, Wali Kota Bukittinggi, Dandim Agam, Dandim Tanah Datar, Danrem, Wakapolda Sumbar, dan Kapolres Bukittinggi. 

"Jadi sudah sangat jelas, clear, kunjungan ke Posko Erupsi Marapi adalah agenda Menhan, bukan kampanye sebagai capres 2024," ujarnya. 

Adapun agenda kampanye Prabowo baru dimulai setelah kunjungan ke posko erupsi. Kampanye itu dilakukan setelah Prabowo bertolak kembali ke Kota Padang dan menemui relawan pemenangan paslon nomor urut 2 di sana. 

"Kan sudah jelas juga, di Padang, Pak Prabowo melepaskan atribut sebagai Menhan. Beliau mencopot pin menteri pertahanan, dan mobil yang digunakan di Padang juga bukan berpelat dinas," ujar Budi, sapaannya. 

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra itu lalu menyayangkan ada pihak yang justru menarasikan ketua umum partainya menggunakan fasilitas negara untuk berkampanye. Menurut Budi, seluruh masyarakat yang hadir di posko saat itu paham tidak ada atribut partai maupun paslon yang ditampilkan. 

"Kami berharap penjelasan ini sudah cukup terang benderang untuk menjelaskan hal yang sebenarnya. Untuk hal ini, keterangan juga bisa dimintakan kepada Kementerian Pertahanan. Kami menganggap ini isu ini sebagai kritik yang biasa karena kita sedang dalam kompetisi politik. Tapi untuk dipahami juga, bahwa Pak Prabowo adalah sosok yang sangat disiplin dalam membedakan tugas negara dengan kegiatan politik," tutupnya. 

Sebelumnya, Juru Bicara Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak juga membantah Prabowo menggunakan helikopter TNI AU untuk berkampanye di Sumatra Barat akhir pekan lalu. 

Seperti halnya pernyataan TKN, Dahnil mengatakan bahwa kunjungan Prabowo ke posko erupsi Gunung Marapi merupakan dalam kapasitasnya sebagai Menhan atau perwakilan pemerintah. 

"Dalam pelaksanaan kegiatannya tersebut Bapak Menhan memberikan pernyataan secara eksplisit bahwa kedatangannya adalah atas nama Pemerintah," terangnya kepada Bisnis, Minggu (10/12/2023).  

Dahnil menjelaskan bahwa pada kegiatan tersebut, Prabowo terbang menggunakan helikopter TNI AU dari Padang menuju lokasi posko erupsi Gunung Marapi yang berlokasi di Kabupaten Agam. Helikopter yang sama juga digunakan untuk perjalanan kembali lagi ke Padang.  

Setelah itu, Dahnil menyebut Prabowo menggunakan fasilitas dan kendaraan berbeda.  

"Iya [Prabowo juga berkampanye di hari yang sama] di kota yang berbeda, dengan kendaraan dan fasilitas berbeda," lanjut Dahnil. 

Adapun pada saat kampanye di Padang, capres nomor urut 2 itu didampingi juga oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua DPD Partai Gerindra Andre Rosiade, dan sejumlah pejabat atau tokoh lain.  

Penggunaan helikopter TNI AU itu menjadi sorotan lantaran digunakan pada hari yang sama kegiatan Prabowo di Sumatra Barat sebagai Menhan dan capres. Kegiatan Prabowo bermula saat tiba di Bandara Internasional Minangkabau, Sumatra Barat. Saat itu, dia terlihat tiba mendarat menggunakan pesawat.  

Aktivitas itu juga terekam di akun X (Twitter) Ketua DPD Partai Gerindra Andra Rosiade @andre_rosiade. Selanjutnya, Prabowo terlihat mengunjungi  mengunjungi posko erupsi Gunung Marapi serta juga berkampanye di Kota Padang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper