Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Membuat Makalah Sesuai dengan Struktur dan Formatnya

cara membuat makalah yang baik dan benar perlu diketahui untuk dijadikan referensi
Cara membuat makalah atau karya ilmiah yang baik dan benar sesuai dengan formatnya. - Sumber foto: freepik
Cara membuat makalah atau karya ilmiah yang baik dan benar sesuai dengan formatnya. - Sumber foto: freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Makalah bisa diartikan dalam dua pengertian yaitu tulisan resmi tentang suatu pokok yang artinya untuk dibacakan di depan umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan untuk karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi. Lalu bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar? Kamu juga perlu mengetahuinya sehingga hasil makalah yang kamu buat akan maksimal.

Makalah merupakan karya tulis bersifat ilmiah yang pembahasannya difokuskan pada suatu masalah tertentu, telah melalui proses penelitian, observasi dan riset lapangan secara benar dan aktual. Pembahasan isi masalah dalam makalah berhubungan dengan suatu mata kuliah, atau bidang spesialisasi tertentu.

Jenis-jenis Makalah

  • Makalah Induktif

Makalah induktif merupakan makalah yang ditulis berdasarkan data empiris yang bersifat objektif berdasarkan apa yang diperoleh dari lapangan namun tetap relevan dengan pembahasan.

  • Makalah Deduktif

Makalah deduktif adalah makalah yang didasarkan pada kajian teoritis yang relevan dengan permasalahan yang dibahas.

  • Makalah Campuran

Makalah campuran adalah makalah yang disusun atau ditulis berdasarkan kajian toritis dan data empiris. Artinya makalah campuran ini adalah penggabungan antara makalah deduktif dan makalah induktif.

Struktur Makalah yang Baik 

1. Judul

Bagian ini berisi judul makalah dan informasi penulis, seperti nama penulis, nama institusi (kampus atau sekolah), dan alamat email.

2. Abstrak

Abstrak merupakan bagian dari makalah yang berisikan sinopsis singkat mengenai makalah kamu, mulai dari latar belakang, pembahasan, sampai kesimpulan. Umumnya, abstrak terdiri dari 200–250 kata.

3. Pendahuluan

Bagian pendahuluan ini bisa kamu isi dengan penjelasan mengenai latar belakang topik yang kamu ambil, seperti alasan topik tersebut menarik untuk dipilih dan jelaskan juga fokus penelitian kamu dalam makalah.

4. Metode

Bagian ini berisi penjelasan mengenai metode penelitian dan pengambilan data yang kamu gunakan dalam makalah.

5. Hasil

Bagian ini tentunya berisi hasil dari penelitian yang elo kerjakan, misalnya seperti tabel data atau narasi penjelasan penelitian kamu.

6. Analisis dan diskusi

Bagian ini berisikan penjabaran mengenai analisis kamu terhadap hasil yang didapatkan. Misalnya, hasil penelitian kamu menunjukkan bahwa pandemi mengurangi semangat belajar. Pada bagian ini kamu bisa jelaskan kenapa hal tersebut bisa terjadi. Kemudian, berikan kesimpulan dan saran mengenai penelitian.

7. Referensi

Pada bagian ini berisi daftar sumber rujukan yang kamu gunakan untuk memperkuat penelitian.

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

1. Memikirkan topik yang akan dibahas

Langkah pertama dalam cara membuat makalah ini terkadang memang membutuhkan banyak waktu, apalagi jika kamu orang yang labil. Agar mempermudahkamu dalam menentukan topik, kamu bisa membahas topik sesuai dengan minat kamu.

2. Cari referensi yang berkaitan dengan topik yang dibahas

Referensi ini nantinya akan berguna sebagai informasi tambahan untuk mendukung penelitian. Kamu bisa mencari referensi ini dari berbagai sumber, mulai dari buku, jurnal, artikel penelitian, ataupun makalah terkait lainnya.

3. Bikin kerangka penulisan

Coba buat daftar apa-apa saja yang akan kamu masukkan kedalam makalah. Lalu, susun hal tersebut sebagai kerangka pembahasan. Kamu tidak perlu takut jika tulisan kamu jelek. Tulisan itu nantinya masih bisa.

4. Tulis pendahuluan

Cara membuat makalah ini bisa kamu mulai dengan menulis latar belakang topik, contohnya seperti alasan kamu memilih topik penelitian dan bagaimana kondisi topik yang kamu bahas. Setelah itu, jelaskan juga mengenai fokus permasalah yang akan kamu angkat.

5. Tulis pembahasan

Masukkan hasil pemikiran, analisis, dan penjelasan mengenai topik penelitian yang kamu bahas. Supaya mempermudah, cara membuat makalah ini bisa kamu bagi menjadi beberapa sub topik, sehingga penjelasan makalah menjadi lebih terarah.

6. Tulis kesimpulan dan saran

Dalam hal kepenulisan, cara membuat makalah selanjutnya adalah menulis kesimpulan yang didapat dari makalah. Jelaskan apa hasil temuan yang kamu bisa dan bagaimana hasil tersebut menjawab rumusan masalah.

Format Makalah

1. Cover

Cover merupakan bagian paling depan format makalah yang akan menjadi sumber menarik perhatian. Kamu harus membuat cover makalah semenarik mungkin dan juga memuat berbagai informasi lengkap tentang berbagai hal.

2. Kata Pengantar

Kata pengantar ini berisi sambutan dan ucapan syukur serta ucapan terima kasih dari penulis kepada pihak-pihak yang terlibat atau berkontribusi terhadap penulisan makalah yang dibuat.

3. Daftar isi

Format makalah yakni daftar isi dibuat untuk dapat mempermudah pembaca melihat bagian dari keseluruhan isi makalah dari bagian awal hingga bagian akhir secara cepat, sehingga pembaca tahu mana yang akan dituju.

4. BAB I pendahuluan

Di bagian pendahuluan ini, kamu harus bisa menjelaskan secara singkat dan secara umum tentang tujuan dan makna yang ingin disampaikan di dalam isi makalah dan penulis harus menulis dari sudut pandang penulis itu sendiri. Meski begitu, kamu harus menggunakan bahasa yang efektif agar mudah dipahami oleh pembaca.

5. BAB II Pembahasan

Bagian pembahasan atau isi ini berisi uraian pokok dari permasalahan yang dibahas oleh penulis pada makalah. Dan yang pasti, format makalah pembahasan ini ditulis harus sesuai dengan latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan pembahasan yang sudah dituliskan sebelumnya.

6. BAB III Penutup

Secara umum, bagian penutup ini berisi kesimpulan akhir yang dapat menjawab rumusan masalah. Penutup dibagi menjadi dua sub bab yakni bagian kesimpulan dan juga saran.

7. Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi tentang berbagai referensi yang dicantumkan atau digunakan di dalam penyusunan makalah tersebut. Format makalah yaitu daftar pustaka ini bisa berasal dari berbagai literatur, baik itu jurnal terdahulu, buku, dan lain sebagainya.

8. Lampiran

Lampiran pada format makalah ini bisa ada atau bisa tidak. Biasanya lampiran ini berisi tentang data tambahan yang menguatkan atau terdapat di dalam makalah. Lampiran biasanya berisi foto, hasil wawancara, dan lain sebagainya yang berupa data tambahan dan harus dilampirkan di luar format makalah.

Itulah beberapa cara membuat makalah yang baik dan benar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper