Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar

Kata pengantar makalah merupakan bagian awal dalam sebuah karya tulis makalah. Berikut contoh kata pengantar yang bisa menjadi referensi untuk Anda.
3 Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar/Pexels
3 Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar/Pexels

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika sekolah ataupun kuliah, pasti Anda pernah dihadapkan dengan tugas membuat makalah individu ataupun kelompok.

Dalam membuat makalah, terdapat bagian kata pengantar yang mesti dibuat dengan baik agar pembaca semakin penasaran untuk membaca keseluruhan isi makalah. Lantas, seperti apa kata pengantar makalah yang baik dan benar? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini. 

Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar

Terdapat 3 bagian pada kata pengantar untuk makalah yang baik dan benar, yakni pembukaan, isi, dan penutup. 

Bagian pembukaan berisi ucapan syukur penulis atau tujuan pembuatan makalah. Bagian isi berisi deskripsi singkat seputar isi makalah atau minimal menyebutkan judul makalah. Sedangkan bagian penutup berisi permintaan maaf, harapan penulis, dan diakhiri dengan kota terbit, tanggal, dan nama terang. 

Untuk lebih memudahkan proses pembuatan kata pengantar, berikut ini beberapa contoh kata pengantar dalam makalah yang dapat Anda perhatikan.

a. Kata Pengantar Makalah Singkat

Segala puji atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat dan hidayah-Nya saya bisa menyelesaikan makalah ini dengan baik dan tepat waktu. 

Makalah dengan judul “Kasus-Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia Tahun 2022” ini disusun untuk memenuhi tugas semester genap. Selain itu, makalah ini juga bertujuan untuk menambah pengetahuan bagi penulis dan pembaca. 

Terima kasih kepada seluruh teman dan keluarga yang mendukung penulis dalam pembuatan makalah. Makalah ini masih jauh dari kata sempurna sehingga saya menantikan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan makalah ini. Terima kasih. 

Tegal, 12 Maret 2023

Penulis

b.Kata Pengantar Makalah Individu

Segala puji atas kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat dan hidayah-Nya, penyusunan makalah ini bisa dilakukan dengan lancar dan tepat waktu. Penulis mengucapkan terima kasih kepada dosen mata kuliah Ilmu Politik, Ibu Siti Betari, atas bimbingannya dalam penyusunan makalah ini. 

Makalah berjudul “Perkembangan Sistem Politik Terhadap Kedudukan Masyarakat Indonesia” ini disusun sebagai tugas akhir mata kuliah Ilmu Politik. Selain itu, makalah ini juga bertujuan untuk menambah wawasan bagi penulis dan juga bagi para pembaca. 

Terima kasih kepada seluruh teman-teman dan keluarga yang mendukung untuk membuat makalah ini. Saya menyadari makalah yang saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan saya nantikan demi kesempurnaan makalah ini. 

Wonosobo, 23 Agustus 2023

Penulis

c.Kata Pengantar Makalah Kelompok

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia-Nya sehingga makalah ini dapat diselesaikan dengan tepat waktu. Penyusunan makalah ini tidak bisa selesai dengan baik tanpa bantuan dari banyak pihak.

Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Ibu Siti Betari atas tugas yang telah diberikan. Dengan tugas ini, ada banyak hal yang bisa kami pelajari melalui penelitian dalam makalah ini. 

Makalah dengan judul “Hubungan Hutan Mangrove dalam Mencegah Abrasi” disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Biologi Laut. Selain itu, Selain itu, makalah ini juga bertujuan untuk menambah wawasan bagi penulis dan juga bagi para pembaca. 

Lazimnya, hutan mangrove berfungsi sebagai pelindung pantai dari abrasi dan sebagai habitat bagi satwa liar. Namun, saat ini telah banyak kasus tentang kerusakan hutan mengrove. Salah satunya seperti yang terjadi di wilayah pesisir pantai utara Kabupaten Tangerang. Melalui makalah ini, diharapkan pembaca bisa mendapatkan ilmu dan perspektif baru. 

Setelah berhasil menyelesaikan makalah ini, kami berharap dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Kami menyadari bahwa makalah yang kami tulis masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan kita nantikan demi kesempurnaan makalah ini. 

Tangerang, 16 November 2023

Kelompok A3

Secara keseluruhan, bagian yang harus ada di kata pengantar untuk makalah antara lain pembukaan, isi, dan penutup.

Dengan demikian, contoh dari kata pengantar makalah singkat, kata pengantar individu, dan kata pengantar makalah kelompok di atas yang bisa Anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan agar dapat mempermudah pekerjaan rumah Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper