Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Suap Perkara, KPK Geledah Kantor Kejari Bondowoso

KPK menggeledah kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Bondowoso di Jawa Timur kemarin, Minggu (19/11/2023).
Ilustrasi KPK
Ilustrasi KPK

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Bondowoso di Jawa Timur kemarin, Minggu (19/11/2023). 

Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan KPK Ali Fikri membenarkan bahwa penggeledahan tersebut telah rampung dilaksanakan terkait dengan penyidikan dugaan suap penanganan perkara di Kejari Bondowoso. 

Ali mengatakan penyidik menemukan dokumen terkait dengan penyidikan perkara tersebut saat menggeledah beberapa ruangan kerja di lokasi tersebut. 

"Penggeledahan dilakukan di beberapa ruangan kerja dan diperoleh dokumen yang terkait perkara yang sedang KPK selesaikan penyidikannya," jelasnya kepada wartawan, Senin (20/11/2023).

Kini, dokumen yang ditemukan usai penggeledahan itu akan akan dijadikan barang bukti dalam perkara dimaksud.

Sebelumnya, perkara yang menjerat pejabat di Kejari Bondowoso itu bermula dari operasi tangkap tangan (OTT) KPK pekan lalu, Rabu (15/11/2023).

Pada perkara tersebut, KPK telah menetapkan empat orang sebagai tersangka dan menahan mereka untuk 20 hari pertama. 

Dua orang di antaranya yang menjadi tersangka dan ditahan yaitu Kajari Bondowoso Puji Triasmoro dan Kasi Pidsus Kejari Bondowoso Alexander Kristian Diliyanto Silaen.

Kemudian, dua orang tersangka lainnya berasal dari swasta yaitu Pengendali CV Wijaya Gemilang Yossy Setiawan dan Andhika Imam Wijaya. 

"Tim penyidik melakukan penahanan tersangka untuk 20 hari ke depan terhitung mulai hari ini 16 November 2023 sampai dengan 5 Desember 2023 di Rutan KPK," terang Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Rudi Setiawan pada konferensi pers, Kamis (16/11/2023). 

Sebelumnya, KPK menangkap sebanyak sembilan orang dalam OTT di Bondowoso kemarin. Selain Puji, Alexander, Yossy dan Andhika, lima orang yang terjaring OTT yakni Staf Seksi Tindak Pidana Khusus Kejari Bondowoso Rizky Wira, swasta Nisa Rusmita, serta tiga pejabat di dinas BSBK Bondowoso Mohammad Hasan Afandi, Novim Dwi Haryono, dan Oky Trihady Putra.

Adapun, tim KPK mendapatkan informasi bahwa adanya rencana penyerahan uang dari Yossy dan Andhika kepada perwakilan atau orang kepercayaan Puji dalam bentuk tunai di Kantor Seksi Tindak Pidana Khusus Kejari Bondowoso. 

Dalam kegiatan tangkap tangan itu, KPK lalu mengamankan uang senilai Rp225 juta. 

Berdasarkan konstruksi perkaranya, Kejari Bondowoso sebelumnya menindaklanjuti laporan masyarakat mengenai proyek pengadaan peningkatan produksi dan nilai tambah holtikultura di Kabupaten Bondowoso. Proyek itu dimenangkan oleh CV milik Yossy dan Andhika.

Laporan itu berlanjut ke penyelidikan terbuka. Kemudian, Yossy dan Andhika diduga melakukan pendekatan komunikasi intens ke Alexander selaku Kasi Tindak Pidana Khusus Kejari Bondowoso agar penyidikan perkara itu dihentikan. 

Puji, selaku Kajari Bondowoso, lalu diduga memerintahkan anak buahnya itu untuk menindaklanjuti hal tersebut. Kesepakatan diduga terjadi antara Yossy dan Andhika serta Puji dan Alexander untuk menyiapkan uang. 

"Telah terjadi penyerahan uang pada AKDS [Alexander] dan PJ [Puji] sejumlah total Rp475 juta dan hal ini merupakan bukti permulaan cukup untuk kita kembangkan," jelas Rudi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper