Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Contoh Hewan Ovovivipar Beserta Ciri dan Perkembangan Embrionya

Berikut ini contoh hewan ovoivipar beserta dengan pengertian, ciri-ciri, dan perkembangan embrio.
Salah satu contoh hewan ovovivipar yang ada di laut adalah hiu./Pixabay
Salah satu contoh hewan ovovivipar yang ada di laut adalah hiu./Pixabay

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam dunia hewan, berkembang biak adalah proses vital yang terjadi dalam beragam cara. Hewan ovovivipar adalah salah satu contoh unik dalam proses reproduksi karena hewan ini menggabungkan dua metode berkembang biak sekaligus: bertelur dan beranak.

Artikel ini akan membahas pengertian, ciri-ciri, perkembangan embrio, dan menyajikan beberapa contoh hewan ovovivipar yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Apa itu Hewan Ovovivipar?

Hewan ovovivipar merupakan jenis hewan yang bereproduksi dengan cara yang unik, di mana embrio berkembang di dalam telur yang tetap berada di dalam tubuh induk hingga siap menetas.

Proses ini merupakan perpaduan dari dua metode reproduksi, yaitu ovipar (bertelur) dan vivipar (melahirkan).

Dalam hewan ovovivipar, proses pembuahan terjadi di dalam tubuh induk. Meskipun embrio berkembang sepenuhnya di dalam telur, telur tersebut tetap berada di dalam tubuh induk dan tidak dikeluarkan sebelum proses penetasan.

Ciri-Ciri Hewan Ovovivipar

  • Pembuahan Internal: Pembuahan terjadi di dalam tubuh seperti pada hewan vivipar.
  • Pengembangan Embrio di dalam Telur: Meskipun pembuahan terjadi di dalam tubuh, embrio berkembang dalam telur yang tetap berada di dalam tubuh induk.
  • Nutrisi dari Kuning Telur: Embrio memperoleh nutrisi dari kuning telur di dalam telur, bukan melalui plasenta atau tubuh induk.
  • Kelahiran: Ketika embrio telah berkembang sepenuhnya dan siap menetas, telur tersebut keluar dari tubuh induk dan menetas hampir segera setelah itu.

Perkembangan Embrio pada Hewan Ovovivipar

  1. Pembentukan Embrio di dalam Telur: Embrio dari hewan ovovivipar akan berkembang dalam telur, tetapi telur tersebut tidak dikeluarkan dari tubuh induk.
  2. Menetas di dalam Tubuh: Telur akan menetas di dalam saluran reproduksi induk. Begitu telur menetas dan embrio berkembang dengan sempurna, hewan tersebut lahir dari tubuh induk.
  3. Penyesuaian Diri Setelah Kelahiran: Setelah dilahirkan, anak hewan ovovivipar akan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Dalam beberapa kasus, anak-anak ini akan berada di dekat induknya sebelum siap dilepaskan ke alam liar.

Contoh Hewan Ovovivipar Laut

  • Ikan Hiu: Ikan hiu adalah salah satu contoh hewan ovovivipar. Embrio berkembang di dalam telur di dalam tubuh induk dan kemudian dilahirkan setelah mencapai tahap perkembangan yang sempurna.
  • Ikan Pari: Serupa dengan ikan hiu, ikan pari juga berkembang biak dengan cara ovovivipar. Embrio tumbuh dalam telur di dalam tubuh induk dan dilahirkan ketika sudah siap.
  • Ikan Guppy: Ikan guppy merupakan contoh lain dari hewan ovovivipar. Mereka memiliki siklus reproduksi yang cepat, di mana anak-anak dapat dilahirkan dalam 20-30 hari setelah pembuahan.
  • Kuda Laut: Kuda laut jantan merupakan contoh unik dari hewan ovovivipar. Mereka mengandung embrio dalam kantung di perut hingga embrio siap untuk dilahirkan.

Contoh Hewan Ovovivipar dari Jenis Reptil

Beberapa contoh hewan ovovivipar juga bisa ditemukan pada jenis reptil, antara lain:

  • Kadal: Kadal menyimpan telur di dalam tubuhnya dan melahirkan anak setelah embrio tumbuh dalam telur.
  • Salamander: Serupa dengan kadal, salamander juga berkembang biak dengan cara ovovivipar. Mereka membesarkan telur di dalam tubuh betina hingga embrio siap dilahirkan.
  • Bunglon: Bunglon menyimpan telur di dalam tubuhnya hingga telur menetas dan anak bunglon lahir.

Contoh Hewan Ovovivipar dari Serangga

Di antara jenis-jenis hewan, serangga memiliki banyak contoh hewan ovovivipar, seperti:

  • Kumbang: Kumbang menghasilkan telur yang embrionya tumbuh dalam telur di dalam tubuh betina dan lahir ketika sudah matang.
  • Kecoa: Kecoa menyimpan telur di dalam tubuh betina hingga embrio siap untuk dilahirkan.
  • Kutu Daun: Kutu daun berkembang biak dengan cara ovovivipar, di mana telur mereka menetas di dalam tubuh induk.

Hewan ovovivipar merupakan contoh unik dari sistem reproduksi dalam dunia hewan. Hewan ni menyimpan telur di dalam tubuh induk dan melahirkan anak setelah embrio berkembang di dalam telur. Beragam contoh hewan ovovivipar, mulai dari ikan hingga serangga, dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, menunjukkan keragaman dalam proses reproduksi di alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper