Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDIP Masih Tunggu Etika Gibran Rakabuming untuk Kembalikan KTA

PDIP masih menunggu etika dari bakal cawapres Prabowo Subianto, Gibran Rakabuming untuk mengembalikan kartu anggota (KTA) PDIP miliknya.
Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Sabtu (28/10/2023). JIBI/Bisnis-Lukman Nur Hakim
Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Sabtu (28/10/2023). JIBI/Bisnis-Lukman Nur Hakim

Bisnis.com, JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) masih menunggu etika dari bakal cawapres Prabowo Subianto, Gibran Rakabuming untuk mengembalikan kartu anggota (KTA) PDIP miliknya.

Hal ini berkaitan setelah Gibran mencalonkn diri menjadi cawapres yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Ketua DPP PDI PDIP Ahmad Basarah mengatakan, bahwa Gibran secara hukum dan etika politik, anak dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah keluar dari PDIP.

“Jadi tanpa adanya surat resmi pemberhentian Mas Gibran dari DPP PDIP, maka sesungguhnya secara etika politik dari dalam hatinya dan dari penilaian publik, Mas Gibran sudah keluar dari PDIP itu sendiri,” kata Basarah di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Sabtu (28/10/2023).

Basarah pun menyampaikan, sampai dengan saat ini pihaknya masih menunggu etika baik dari Gibran untuk menyampaikan hengkang dari PDIP. Selain itu, Basarah juga masih menunggu Gibran untuk mengembalikan KTA PDIP.

“Maka etika politik itu kami tunggu untuk kita menerima KTA PDIP. Kalau meminjam istilah Mas Rudy Solo, kalau orang Timur itu datang tampak muka, kembali tampak punggungnya,” ucapnya.

Sebelumnya, Sekjen PDI-Perjuangan Hasto Kristiyanto mengaku tidak mau ambil pusing ihwal status kader Gibran Rakabuming Raka di PDI-Perjuangan yang kini menjadi bacawapres dari Partai Gerindra.

Menurutnya, PDI-Perjuangan saat ini hanya ingin fokus memenangkan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam Pemilu 2024 nanti.

Sementara itu, kata Hasto, untuk status Gibran sendiri di PDI-Perjuangan, Gibran sudah mengambil keputusannya sendiri untuk menjadi bacawapres dari partai kompetitor.

“Sudahlah, Mas Gibran kan sudah memutuskan menjadi cawapres, dan Mbak Puan, Mas Ganjar dan Prof Mahfud juga sudah memberikan ucapan selamat,” tuturnya di Jakarta, Jumat (27/10).

Jadi Cawapres Prabowo

Bakal capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto resmi menggandeng Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming sebagai cawapres dalam kontestasi pemilihan umum atau Pemilu 2024.

Prabowo mengatakan keputusan itu hasil dari persamuhan bersama dengan delapan partai pengusung yang tergabung ke dalam KIM. Dia menegaskan nama Gibran muncul secara aklamasi dari ketua umum delapan partai tersebut.

“Masing-masing secara final dan konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo sebagai calon presiden dan Gibran sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju,” kata Prabowo seusai menggelar rapat di rumahnya di bilangan Kertanegara, Jakarta Selatan, Minggu (22/10/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukman Nur Hakim
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper