Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prabowo Deklarasi Cawapres Malam Ini, Ketum AMPI Optimistis Gibran

Ketua Umum Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) sekaligus Wamendah, Jerry Sambuaga optimistis Gibran bakal dipilih Pabowo sebagai cawapresnya
Prabowo Deklarasi Cawapres Malam Ini, Ketum AMPI Optimistis Gibran yang Dipilih. Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka/ Antara
Prabowo Deklarasi Cawapres Malam Ini, Ketum AMPI Optimistis Gibran yang Dipilih. Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka/ Antara

Bisnis.com, TANGERANG - Ketua Umum Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) sekaligus Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga optimistis nama anak sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka bakal dideklarasikan menjadi calon wakil presiden (cawapres) oleh calon presiden (capres) Prabowo Subianto.

"Pasti optmistis. Kami melihat hasil keputusan MK [Mahkamah Konstitusi] kemarin yang memberikan kesempatan bagi generasi muda di bawah usia 40 tahun seperti Mas Gibran," ujar Jerry saat ditemui usai meninjau Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 di ICE BSD, Minggu (22/10/2023).

Jerry yang merupakan kader Golkar memandang keputusan MK soal syarat capres dan cawapres tersebut menjadi angin segar bagi calon-calon pemimpin masa depan yang berasal dari generasi muda. Golkar, kata Jerry, memiliki banyak kader yang menjadi kepala daerah dengan usia di bawah 40 tahun. 

"Ini tentu menjadi salah satu modal dasar untuk kita menyaksikan regenerasi dan juga tentunya kaderisasi. Dan tongkat estafet ke depan bisa dilakukan lebih baik," ucap Jerry.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) buka suara ihwal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Prabowo Subianto di kontestasi Pilpres 2024. Dia menyebut ada satu nama yang dikantongi Prabowo.

"Jadi kita soal wapres. Wapres sudah ada satu nama di kantong Pak Prabowo," ujar Zulhas pada kesempatan yang sama di ICE BSD.

Zulhas membeberkan bahwa nama cawapres yang akan mendampingi Prabowo akan diumumkan segera, malam ini oleh Koalisi.

"Nanti malam akan diumumkan," ungkapnya.

Berdasarkan catatan Bisnis, Sabtu (21/10/2023), Bacapres Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto sebut pengusungan Gibran menjadi cawapres oleh Golkar masih perlu dimusyawarahkan. Menurutnya keputusan Golkar memasangkan dirinya bersama Gibran menjadi keputusan yang luar biasa.

Kendati begitu, Ketua Umum Gerindra itu harus membawa putusan tersebut ke dalam forum petinggi koalisi untuk memutuskan usulan dari Golkar.

"Karena kami KIM terdiri dari sekarang 8 partai, 4 partai parlemen, dan 4 partai nonparlemen. Tapi juga punya akar. Jadi biasanya kita akan rapat, musyawarah, dan nanti kita umumkan keputusan kita bersama. Tentunya usul ini akan kita bawa ke forum Ketua Umum Partai," ujar Prabowo usai Rapimnas Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper