Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dirawat di Singapura, Apa Penyakit Luhut Binsar Pandjaitan?

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan kini dirawat di Singapura.
Menko Maritimvest Luhut Binsar Pandjaitan saat diwawancara dalam podcast Deddy Corbuzier/Tangkapan layar Youtube Deddy Corbuzier.
Menko Maritimvest Luhut Binsar Pandjaitan saat diwawancara dalam podcast Deddy Corbuzier/Tangkapan layar Youtube Deddy Corbuzier.

Bisnis.com, SOLO - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan buka suara setelah dikabarkan sakit. Ia mengatakan saat ini tengah dirawat di Singapura.

Luhut juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo. Sebab menurutnya, Jokowi telah memberikan banyak bantuan selama Luhut mengalami masalah dengan kesehatannya.

Salah satu bantuan yang diberikan oleh Jokowi adalah memberikan dokter dan perawat kepresidenan untuk merawatnya selama ini.

"Karena itu, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya terkhusus kepada Presiden @jokowi yang sudah memberikan tim dokter kepresidenan beserta perawat untuk merawat saya hingga sampai pada kondisi yang telah membaik saat ini," tulis Luhut di unggahan Instagramnya pada Selasa, 10 Oktover 2023 kemarin.

Seperti diketahui, Luhut Binsar Pandjaitan mengalami masalah pada kesehatannya. Belum diketahui apa penyakit yang diderita oleh Menko Marves tersebut.

Akan tetapi menurut pengakuannya, ia mendadak merasa sangat lelah setelah menghadiri suatu kegiatan.

"Tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja," tulis Luhut.

Luhut kemudian dibawa ke RS di Jakarta untuk tindakan preventif. Akan tetapi, setelah mendapat tawaran dari sahabatnya, Luhut mengatakan memilih untuk melanjutkan pemulihan kesehatannya di Singapura.

"Setelah mendapat tawaran dari sahabat saya, Senior Minister Teo Chee Hean dan Menlu Singapura Dr. Vivian Balakhrisnan, sore ini saya memutuskan untuk menjalani tahap pemulihan di Singapura, sekaligus melakukan pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih komprehensif terkait kesehatan saya," tambahnya.

Luhut yang memang dikenal sebagai pribadi yang sering beraktivitas, mengaku bosan harus terus berada di rumah sakit.

Apalagi dalam beberapa hari dia tidak diizinkan oleh tim dokter untuk beraktivitas. Bahkan untuk sekedar mengecek kabar dan berita terkini yang rutin Luhut lakukan setiap pagi. Akan tetapi, ia mengaku ikhlas menerima saran dari dokter yang merawatnya tersebut.

Apa penyakit Luhut?

Tidak disebutkan secara gamblang apa penyakit yang saat ini tengah diderita Luhut, sebab Menko Marves tersebut hanya mengatakan dirinya merasa kelelahan yang luar biasa.

Ada banyak penyakit, mulai dari kategori ringan hingga berat, yang menunjukkan gejala kelelahan. Salah satunya adalah Fatigue.

Fatigue atau kelelahan adalah kondisi di mana penderitanya selalu merasa lelah, lesu, atau kurang tenaga. Kondisi ini tidak sama dengan sekadar merasa ngantuk.

Selain itu, kelelahan ekstrem juga bisa membuat penderitanya merasakan kelelahan yang tidak seperti biasanya. Kelelahan ekstrem biasanya terjadi pada mereka yang memiliki banyak aktivitas dalam kesehariannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper