Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Pastikan Kondisi Kesehatan Luhut Kian Membaik

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyebut bahwa saat ini kondisi kesehatan Luhut Pandjaitan kian membaik.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan istri, Devi Simatupang saat perayaan HUT ke-76 di Sopo Del Tower, Mega Kuningan Barat, Jakarta Selatan pada Kamis (28/9/2023)./Instagram @luhu.pandjaitanrnrn
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan istri, Devi Simatupang saat perayaan HUT ke-76 di Sopo Del Tower, Mega Kuningan Barat, Jakarta Selatan pada Kamis (28/9/2023)./Instagram @luhu.pandjaitanrnrn

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut bahwa saat ini kondisi kesehatan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan kian berangsur pulih.

“Kondisinya makin baik dan berangsur makin sehat dan mudah-mudahan dia bisa segera bertugas kembali,” ujarnya kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Senin (9/10/2023).

Lebih lanjut, Sandi mengatakan bahwa kelelalahan menjadi faktor utama yang membuat kesehatan Luhut sempat menurun. Salah satu pemicunya karena pria kelahiran 28 September 1947 harus menyelesaikan sejumlah agenda. Salah satunya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum yang akan diselenggarakan di Nusa Dua pada Selasa—Rabu, 10-11 Oktober 2023.

Selain itu, Luhut juga belum lama ini melakukan kunjungan ke tiga negara Afrika, yaitu Afrika Selatan, Republik Demokratik Kongo, dan Kenya, untuk mempersiapkan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Negara tersebut.

Tak hanya itu, mantan Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) itu juga baru saja melaksanakan perayaan ulang tahunnya yang digelar di Sopo Del Tower pada Kamis (28/9/2023) di Mega Kuningan Barat, Jakarta Selatan yang dihadiri sejumlah pejabat seperti mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Menko Polhukam Mahfud MD.

“Saat menghadiri ulang tahun ke-76 itu beliau sangat happy dan beberapa hari setelah itu, pada hari Minggu (1/10/2023) saya ketemu juga masih belum menunjukkan kelelahan tetapi mungkin pada hari Senin-Selasa (2—3 Oktober) itu mulai drop dan sampai harus dirawat,” tutur Sandi.

Dia pun memastikan bahwa saat ini keadaan Luhut kian membaik. Meskipun masih dalam perawatan di rumah sakit, tetapi dipastikan Luhut dalam persiapan untuk transisi dan pemulihan.

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menyampaikan kondisi Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, yang dikabarkan dilarikan ke rumah sakit Singapura.

Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi mengatakan Luhut saat ini dalam kondisi baik, meski diminta untuk beristirahat total sebagaimana anjuran dokter.

“Kami ingin menginformasikan bahwa saat ini Pak Luhut berada dalam kondisi yang baik dan berada di Jakarta. Berdasarkan anjuran dokter, beliau diminta untuk melakukan bedrest guna mempercepat pemulihan kesehatannya,” katanya.

Jodi yang juga Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves memohon doa dan dukungan masyarakat untuk kesembuhan dan kesehatan Luhut.

“Kami mohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat agar Pak Luhut segera pulih dan kembali beraktivitas seperti sedia kala. Terima kasih atas perhatian dan doanya,” tuturnya.

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto juga mengonfimasi kondisi Luhut yang saat ini berada di Jakarta dan sedang beristirahat total karena kelelahan.

“Nggak bener (dilarikan ke rumah sakit Singapura). Bapak di Jakarta. Bapak lagi bedrest saja kecapean,” kata Seto saat dikonfirmasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper