Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Buka Gala Dinner KTT AIS Forum 2023: Selamat Datang di Bali!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Gala Dinner Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum, di Badung Bali.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan sejumlah proyek perusahaan swasta yang melakukan investasi di Ibu Kota Negara Nusantara pada hari ini, Kamis (21/9/2023). Foto: Istimewa
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan sejumlah proyek perusahaan swasta yang melakukan investasi di Ibu Kota Negara Nusantara pada hari ini, Kamis (21/9/2023). Foto: Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Gala Dinner Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum, di Badung Bali, Selasa (10/10/2023).

“Selamat datang di Bali dan selamat datang di Indonesia untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi pertama dan gala dinner KTT AIS Forum 2023,” ucapnya dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden.

Orang nomor satu di forum ini dilaksanakan untuk mempererat kerja sama antar Negara pulau dan kepulauan yang dipersatukan oleh lautan.

Dia menilai bahwa, laut merupakan wujud kehidupan antarnegara, merepresentasikan kesatuan manusia dan menyediakan banyak sumber daya yang harus dkelola secara bertanggung jawab bersama-sama.

“Oleh karena itu, maka izinkan kami untuk menyambut kalian melalui upaya persahabatan dari kami, selamat menikmati malam ini,” pungkas Jokowi.

Untuk diketahui, AIS Forum merupakan wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan yang bertujuan memperkuat kolaborasi untuk mengatasi empat masalah global, yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim.

Di bawah tema “Membina Kolaborasi, Memajukan Inovasi untuk Laut dan Masa Depan Bersama”, pelaksanaan KTT pertama AIS Forum diharapkan bisa memperkuat peran AIS Forum sebagai pusat solusi cerdas dan inovatif, serta sebagai wadah gotong royong dalam mendorong agenda masa depan yakni tata kelola laut global.

KTT AIS Forum menjadi babak baru dalam perkembangan kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan, sejak pembentukannya pada 2018 melalui Manado Joint Declaration yang disepakati dalam pertemuan tingkat menteri yang dihadiri 21 negara.

Sebelumnya, Kepala Negara tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, sekitar pukul 17.00 WITA.

Kedatangan Presiden Jokowi disambut oleh Pj. Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Presiden bersama rombongan kemudian langsung menuju ke hotel tempatnya bermalam selama di Bali. Presiden diagendakan untuk menghadiri jamuan makan malam resmi bagi para pemimpin dan delegasi negara-negara pulau dan kepulauan serta organisasi internasional dalam rangka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelago and Island States (AIS) Forum 2023.

Esok hari, Presiden dijadwalkan untuk membuka KTT AIS Forum 2023 yang akan digelar di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

Sebelumnya, Presiden Ke-7 RI ity bersama rombongan bertolak menuju Provinsi Bali, dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, sekitar pukul 14.30 WIB, dengan menggunakan pesawat Boeing TNI AU 737-400.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Bali di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, serta Plh. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Mohamad Yusuf Permana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper