Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Ledakan Bom Bunuh Diri di Turki Sejak 2015

Ledakan bom bunuh diri terus-menerus terjadi di Turki oleh militan Kurdi dan ISIS.
Ilustrasi: Seorang perempuan meletakkan karangan bunga di lokasi serangan bom bunuh diri di jalan Istiklal, lokasi pusat perbenjaaan dan kawasan yang ramai dikunjungi turis, di pusat kota Istanbul, Turki (20/3/2016)./Reuters
Ilustrasi: Seorang perempuan meletakkan karangan bunga di lokasi serangan bom bunuh diri di jalan Istiklal, lokasi pusat perbenjaaan dan kawasan yang ramai dikunjungi turis, di pusat kota Istanbul, Turki (20/3/2016)./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Turki mengatakan bahwa dua teroris melakukan serangan bom di depan gedung kementerian di Ankara, Minggu (1/10/2023). 

Pemboman tersebut pertama melanda Ankara dalam beberapa tahun terakhir, terjadi hampir setahun setelah 6 orang tewas dan 81 lainnya luka-luka dalam ledakan di jalan yang sibuk di pusat Kota Istanbul pada 13 November 2022.

Turki menyalahkan militan Kurdi atas ledakan di Istanbul, yang mengingatkan warga Turki akan gelombang serangan yang dilakukan oleh berbagai kelompok militan di Ankara antara pertengahan 2015 sampai awal 2017.

Melansir Reuters, berikut daftar ledakan bom bunuh diri yang terus-menerus terjadi di Turki, antara lain:

5 Januari 2017 - Seorang petugas polisi Turki dan pegawai gedung pengadilan tewas akibat bom mobil di kota pesisir Aegean, Izmir, sementara sedikitnya 10 orang terluka. Pihak berwenang mengatakan militan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) berada di balik serangan itu.

31 Desember 2016 - ISIS mengaku bertanggung jawab atas penembakan massal pada Tahun Baru yang menewaskan 39 orang setelah seorang pria bersenjata melepaskan tembakan di sebuah klub malam di Istanbul yang penuh sesak.

17 Desember 2016 - Sebuah bom mobil menewaskan 13 tentara dan melukai 56 orang ketika menghancurkan sebuah bus yang membawa personel militer yang sedang tidak bertugas di pusat Kota Kayseri. Cabang PKK mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

10 Desember 2016 - Dua pemboman, yang satu dilakukan di dalam mobil dan satu lagi diikatkan pada seorang pelaku bom bunuh diri, menewaskan 44 orang, kebanyakan dari mereka adalah petugas polisi, dan melukai lebih dari 150 orang di luar stadion sepak bola Istanbul. Cabang PKK, Kurdistan Freedom Hawks (TAK), mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

26 Agustus 2016 - Sebuah bom truk bunuh diri di markas besar polisi di wilayah tenggara Turki yang sebagian besar penduduknya berpenduduk Kurdi menewaskan sedikitnya 11 orang dan melukai puluhan lainnya. PKK mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

20 Agustus 2016 - Seorang pembom bunuh diri melakukan serangan terhadap sebuah pesta pernikahan di kota Gaziantep di Turki tenggara yang menewaskan sedikitnya 51 orang. Presiden Tayyip Erdogan mengatakan penyerang tersebut bekerja sama dengan ISIS.

28 Juni 2016 - Tiga kali bom bunuh diri dan serangan senjata menewaskan 45 orang dan melukai lebih dari 160 orang di bandara utama Istanbul. Turki menjatuhkan hukuman seumur hidup kepada orang-orang yang terkait dengan pelaku serangan, yang diyakini terlibat dengan ISIS.

12 Mei 2016 - Bahan peledak yang diledakkan di sebuah desa di tenggara Turki menewaskan 16 orang, dimaksudkan untuk digunakan dalam bom bunuh diri di provinsi terdekat Diyarbakir. Militan Kurdi diyakini mengangkut bahan peledak tersebut, kata sumber keamanan.

19 Maret 2016 - Seorang pembom bunuh diri menewaskan 4 orang di kawasan perbelanjaan sibuk Jalan Istiklal di jantung kota Istanbul. Pihak berwenang mengkonfirmasi 3 warga Israel, 2 di antaranya memiliki kewarganegaraan ganda AS, dan seorang warga negara Iran tewas akibat ledakan tersebut. Pihak berwenang mengatakan seorang warga Turki yang merupakan anggota kelompok militan ISIS bertanggung jawab atas pemboman tersebut.

13 Maret 2016 - 37 orang tewas ketika sebuah mobil berisi bom meledak di pusat transportasi yang ramai di jantung ibu kota Turki, Ankara.

17 Februari 2016 - 28 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka di Ankara ketika sebuah mobil berisi bahan peledak meledak di samping bus militer di dekat markas besar angkatan bersenjata, parlemen, dan gedung pemerintah lainnya.

12 Jan 2016 - Seorang pembom bunuh diri menewaskan sedikitnya 10 orang, kebanyakan dari mereka adalah turis Jerman, di jantung bersejarah Istanbul dalam sebuah serangan yang kemudian pihak berwenang menyalahkan ISIS.

10 Oktober 2015 - Dua pemboman di Ankara menewaskan lebih dari 100 orang di luar stasiun kereta utama kota. Pengadilan Turki memenjarakan para pelaku, yang diyakini terkait dengan ISIS, seumur hidup.

8 September 2015 - Militan Kurdi membunuh 15 petugas polisi dalam dua pemboman di Provinsi Mardin dan Igdir di Turki timur.

20 Juli 2015 - Seorang pembom bunuh diri ISIS menewaskan lebih dari 30 orang, sebagian besar pelajar muda, dalam serangan di Kota Suruc yang sebagian besar beretnis Kurdi di dekat perbatasan Suriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper