Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gunung Berapi Taal Keluarkan Kabut Asap, Filipina Keluarkan Peringatan Kesehatan

Gunung berapi kecil yang bergejolak di dekat Ibu Kota Filipina Manila mengeluarkan sulfur dioksida dan kabut asap vulkanik di atas rata-rata.
Gunung Taal adalah gunung api bertipe kompleks yang berada di Pulau Luzon, Filipina./wikipedia
Gunung Taal adalah gunung api bertipe kompleks yang berada di Pulau Luzon, Filipina./wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA - Gunung berapi kecil yang bergejolak di dekat Ibu Kota Filipina Manila mengeluarkan sulfur dioksida dan kabut asap vulkanik di atas rata-rata pada Jumat (22/9/2023).

Institut Vulkanologi dan Seismologi Negara mengatakan telah mengamati 'upwelling' cairan vulkanik panas di danau kawah gunung berapi Taal, yang mengakibatkan emisi gas vulkanik.

Peringatan tersebut tetap berada pada level 1 pada skala level lima, yang menunjukkan sedikit peningkatan gempa vulkanik, dan aktivitas uap atau gas dari gunung.

Akibatnya, pihak berwenang menutup sekolah-sekolah di 5 kota dan puluhan kota kecil serta mendesak masyarakat untuk tetap berada di dalam rumah.

Melansir CNA, Gunung Taal terletak di sebuah danau di Provinsi Batangas dekat Manila, setinggi 311 meter. Salah satu gunung berapi paling aktif dari 24 gunung berapi di Filipina.

Gunung tersebut memuntahkan kolom abu dan uap setinggi 15 km, memaksa lebih dari 100.000 orang mengungsi dan puluhan pembatalan penerbangan karena abu tebal berjatuhan hingga ke Manila, pada Januari 2020.

Kepala seksi operasi di kantor pertahanan sipil Manila selatan Randy Dela Paz mengatakan adanya laporan penyakit pernafasan akibat kabut asap vulkanik.

“Kami mendapat laporan penyakit pernafasan di Provinsi Batangas akibat keracunan akibat kabut asap vulkanik,” katanya.

Kabut asap vulkanik atau vog, terdiri dari tetesan halus yang mengandung gas vulkanik seperti belerang yang dapat menyebabkan iritasi pada mata, tenggorokan, dan saluran pernapasan.

Pihak berwenang menangguhkan kelas-kelas di puluhan kota besar dan kecil di Provinsi Cavite, Laguna, dan Batangas yang berdekatan dengan gunung berapi Taal, dan di 5 kota di wilayah Ibu Kota pada Jumat (22/9/2023).

Otoritas penerbangan juga mengatakan kepada pilot untuk menghindari jarak terbang mendekati puncak gunung berapi, karena abu di udara dan pecahan balistik dari ledakan yang mendadak dapat menimbulkan bahaya bagi pesawat.

Seperti diketahui, Filipina berada di Cincin Api Pasifik, tempat aktivitas gunung berapi dan sering terjadinya bencana gempa bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper