Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Dragon Teeth, Senjata Baru Rusia yang Sempat Bikin Ukraina Ketar-ketir

Belakangan, Rusia tengah menyombongkan senjata pertahanan perang terbarunya bernama Dragon Teeth, apa itu?
Dragon Teeth Rusia/Yahoo
Dragon Teeth Rusia/Yahoo

Bisnis.com, SOLO - Belakangan, Rusia tengah menyombongkan senjata pertahanan perang terbarunya bernama Dragon Teeth, apa itu?

Per bulan September 2023 ini, pasukan Ukraian semakin berani memberikan perlawanan kepada Rusia. Hal ini tak lepas dari dukungan Barat yang memberikan berbagai alutsista baru kepada Kyiv.

Mengacu pada alasan tersebut, Rusia harus berbenah untuk mengadang serangan balasan yang kemungkinan akan segera dilakukan Ukraina.

Dilansir dari The Guardian, pasukan Rusia telah mendirikan barikade pertahanan bernama “Dragon Teeth” di wilayah Ukraina yang mereka kendalikan

Dragon Teeth dipasang di beberapa wilayah perang yang mungkin akan digunakan Ukraina untuk melakukan serangan balasan.

Apa itu Dragon Teeth?

Dragon Teeth merupakan hambatan pertahanan yang berbentuk pecahan beton berbentuk piramida. Dijuluki Dragon Teeth atau Gigi Naga karena kemiripannya dengan rahang bertaring seekor naga.

Dragon Teeth milik Rusia ini dapat dilihat di antara parit anti-tank dan parit berawak pasukan dari Rusia bagian barat melalui Ukraina timur menuju Krimea.

Garis berlapis dan zig-zag dimaksudkan untuk mempersulit pasukan Ukraina yang mendekat, karena Rusia berupaya melindungi wilayah yang telah direbutnya.

Tanggapan Ukraina

Beberapa pasukan Ukraina sempat khawatir dengan dibangunnya Dragon Teeth Rusia ini. Akan tetapi, ketakutan berubah setelah salah seorang mantan komandan Ukraina bernama Yevhen Dykyi mengejek sistem pertahanan baru Rusia tersebut.

Komandan tersebut mengatakan bahwa pertahanan tersebut mudah ditembus oleh tank Ukraina.

Piramida beton, yang tingginya sekitar 4 kaki, dimaksudkan untuk memblokir dan merusak tank Ukraina dan kendaraan lapis baja lainnya.

Yevhen Dykyi mengatakan kepada Voice of Ukraina bagaimana pasukan Ukraina berhasil menembus garis pertahanan pertama Rusia sebagai bagian dari serangan baru-baru ini di dekat Tomak, di oblast Zaporizhzhya bagian Ukraina selatan.

Ia menambahkan, pertahanan Dragon Teeth sejauh ini mudah diatasi.

“Mengapa piramida ini dibangun, sejujurnya, merupakan misteri bagi saya,” kata Dykyi.

“Satu-satunya penjelasan rasional adalah seseorang menghabiskan anggaran begitu saja. Karena mereka sama sekali tidak ada gunanya karena mereka tidak menghentikan tank," ia menambahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper