Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Contoh Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier dengan Pengertiannya

Berikut ini merupakan contoh kebutuhan primer, sekunder dan tersier yang termasuk ke dalam kebutuhan sehari-hari.
Contoh Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier dengan pengertiannya/Freepik.
Contoh Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier dengan pengertiannya/Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA - Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi demi keberlangsungan hidup manusia, baik masyarakat menengah ke bawah maupun masyarakat menengah ke atas. Kebutuhan tersier adalah kebutuhan psikologis tingkat tinggi yang mencakup pemenuhan potensi pribadi, sedangkan kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang berada di antara kebutuhan dasar dan tersier dalam hierarki kebutuhan. Oleh karena itu kamu perlu mengetahui contoh kebutuhan primer, sekunder dan tersier.

Menurut Organisasi Buruh Internasional atau ILO (International Labour Organization), kebutuhan primer adalah kebutuhan fisik minimum masyarakat, berkaitan dengan kecukupan kebutuhan pokok setiap masyarakat baik masyarakat kaya maupun miskin.

Berikut ini adalah beberapa contoh kebutuhan primer yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

1. Contoh Kebutuhan Primer

  • Sandang 

Sandang adalah kebutuhan primer akan pakaian layak pakai. Pakaian termasuk ke dalam kategori ini karena berfungsi sebagai pelindung tubuh dari sengatan matahari, cuaca dingin, dan menutupi bagian tertentu yang bersifat privat.

  • Pangan 

kebutuhan pangan dimana manusia membutuhkan asupan makanan untuk dapat bertahan hidup dan berkembang biak. Benda yang termasuk dalam kategori ini terdiri dari sayur-sayuran, daging, produk susu, ikan, dan lain sebagainya.

  • Papan 

Papan merupakan kebutuhan akan tempat tinggal untuk menetap. Misalnya rumah yang memiliki atap dan mampu melindungi dari teriknya matahari dan cuaca dingin.

2. Contoh Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dengan tujuan untuk melengkapi kebahagiaan. Berasal dari bahasa latin ‘secundus’ yang berarti kedua, kebutuhan ini menjadi prioritas kedua setelah kebutuhan primer terpenuhi.

Sebagai contoh kamu sudah memiliki tempat tinggal, maka selanjutnya Anda bisa melengkapi isi yang ada pada rumah tersebut. Seperti kulkas, perabotan dapur, perabotan rumah tangga, dan lain sebagainya. Perabotan tersebut termasuk ke dalam kebutuhan sekunder.

Contoh kebutuhan sekunder seperti: 

  • Mesin cuci. 
  • Internet. 
  • Handphone. 
  • Menonton bioskop. 
  • Akses Kesehatan. 
  • Alat elektronik. 

3. Contoh Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier merupakan jenis kebutuhan yang dapat dipenuhi oleh manusia setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Dengan kata lain, kebutuhan ini berada di posisi ketiga.

Kebutuhan tersier pada dasarnya hadir sebagai pelengkap untuk kesenangan pribadi seperti hobi atau keinginan tertentu dan tidak termasuk ke dalam prioritas. Jadi, bilamana kebutuhan tersier ini belum bisa terpenuhi, manusia akan tetap bisa melanjutkan hidupnya.

Contoh kebutuhan tersier seperti: 

  • Liburan ke luar negeri. 
  • Membeli mobil mewah. 
  • Kapal pesiar. 
  • Membeli perhiasan mewah.

4. Faktor yang mempengaruhi kebutuhan 

  • Kondisi alam 

Faktor pertama yang memengaruhi kebutuhan manusia adalah kondisi alam. Manusia akan menyesuaikan pemenuhan kebutuhan dimana tempat mereka tinggal.

  • Adat istiadat

Adat istiadat adalah suatu perilaku atau aturan yang telah melekat dan dipercaya secara turun temurun di masyarakat. Perilaku atau aturan tersebut menjadi tradisi yang menentukan tujuan hidup mereka yang mengembannya.

  • Pekerjaan 

Faktor pekerjaan juga turut menentukan kebutuhan setiap manusia. Contohnya, seseorang yang bekerja sebagai koki atau chef akan memerlukan peralatan memasak seperti pisau, kompor, dan panci untuk menunjang memasak. 

  • Penghasilan 

Bagi orang yang memiliki pekerjaan, pasti memiliki sejumlah penghasilan tertentu. Setiap orang tentunya memiliki penghasilan yang berbeda-beda.

  • Tingkat peradaban 

Semakin berkembangnya zaman, biasanya diikuti dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Teknologi ini yang membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien.

Itulah beberapa contoh kebutuhan primer, sekunder dan tersier yang mungkin belum kamu ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper