Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dituduh Dalang Kematian Prigozhin, Ini Pendapat Putin tentang Mantan Chef-nya

Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan ucapan belasungkawa terhadap pimpinan Wagner Group, Prigozhin.
Pendiri kelompok tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin (Kiri). Presiden Rusia Vladimir Putin. (Kanan)./ REUTERS
Pendiri kelompok tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin (Kiri). Presiden Rusia Vladimir Putin. (Kanan)./ REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA – Penyebab kematian pimpinan Wagner, Yevgeny Prigozhin dalam kecelakaan jet pribadi masih misterius.

Presiden Rusia Vladimir Putin turut disorot karena ada spekulasi kematian Prigozhin  itu akibat dari pemberontakan Wagner terhadap militer Rusia yang gagal pada Juni lalu.

Seperti yang dituduhkan Mantan agen CIA, Daniel Hoffman, menyebut Putin merupakan sosok yang sadis sehinga dengan kematian Prigozhin itu, dapat memberi pelajaran bagi para petinggi Rusia soal kesetiaan.

Namun Putin segera muncul di media beberapa saat setelah peristiwa naas tersebut, meskipun ia tak memberikan klarifikasi terkait tuduhan sebagai dalang atas kematian Prigozhin.

Putin memberi ucapan belasungkawa terhadap mantan chefnya, Prigozhin, dan tak menyinggung soal pemberontakan Wagner pada Juni lalu.

“Mengenai tragedi penerbangan, pertama-tama saya ingin menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga seluruh korban. Itu selalu merupakan sebuah tragedi,” kata Putin dalam pidatonya di televisi pada hari Kamis seperti dikutip dari Al Jazeera.

Putin juga menyebutkan bahwa dirinya sudah lama mengenal Prigozhin bahkan sejak tahun 90-an.

“Saya mengenal Prigozhin sejak lama, sejak awal tahun 90an. Dia adalah orang yang bernasib rumit, dan dia membuat kesalahan serius dalam hidupnya, namun dia mencapai hasil yang tepat,” tambah Putin.

Dia menyebutkan pekerjaan Prigozhin di Afrika, tempat keberadaan yang diklaim Prigozhin pada awal minggu ini dan tempat kelompok Wagner menjalankan aksi militernya.

“Dia [Prigozhin] adalah orang yang berbakat, pengusaha berbakat, dia bekerja tidak hanya di negara kami, dan mencapai hasil, tetapi juga di luar negeri, khususnya di Afrika. Dia terlibat di sana dengan minyak, gas, logam mulia, dan batu,” kata Putin.

Putin mengatakan bahwa jika dipastikan bahwa anggota Wagner tewas dalam kecelakaan itu, seperti yang ditunjukkan oleh data awal, maka Putin ingin mencatat bahwa orang-orang ini memberikan kontribusi yang signifikan  terhadap serangan Moskow di Ukraina dan memiliki tujuan yang sama.

Pihak berwenang mengatakan bahwa di antara mereka yang terdaftar sebagai penumpang pesawat tersebut adalah Dmitry Utkin, sosok bayangan yang mengelola operasi Wagner dan diduga bertugas di intelijen militer Rusia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper