Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Catcalling: Pengertian, Bentuk, dan Cara Menghadapinya

Jika kamu bepergian sendiri, kamu perlu berhati-hati jika dicatcalling. Berikut ini penjelasan lengkap catcalling hingga cara menyikapinya.
Catcalling/iStockPhoto.
Catcalling/iStockPhoto.

Bisnis.com, JAKARTA - Catcalling termasuk dalam salah satu bentuk pelecehan seksual jenis street harassment, yakni melontarkan komentar sensual dengan nada menggoda yang dilakukan di tempat umum. Pelaku catcalling disebut sebagai catcaller.

Perilaku ini cenderung meresahkan dan bisa menyebabkan korbanya merasa takut, cemas, dan tidak percaya diri. Sayangnya, masih banyak orang yang memaklumi dan menganggap bahwa catcalling merupakan sebuah lelucon dan candaan.

Berikut ini adalah beberapa hal mengenai catcalling yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

1.Bentuk-bentuk catcalling 

  • Melontarkan kalimat pujian, misalnya “Selamat pagi, Cantik.” atau “Wangi banget sih, mau pergi ke mana?”
  • Memberikan gestur vulgar, seperti berkedip, bersiul, memberikan tatapan penuh nafsu, menggigit bibir bawah, menjulurkan lidah, melambaikan tangan, atau mengeluarkan suara ciuman
  • Menghalang-halangi jalan atau menguntit sampai di tujuan
  • Melontarkan kalimat yang sensual, contohnya “Bagus banget sih badannya, nengok dong.”

2. Cara menyikapi catcalling

  • Katakan dengan tenang tetapi dengan intonasi yang tegas kepada pelaku bahwa sikap mereka tidak dapat diterima.
  • Jika perilakunya berulang, laporkan kejadian tersebut ke petugas keamanan setempat atau pihak berwenang dan minta perlindungan kepada pihak terkait.
  • Jika catcaller mengikuti atau membuntutimu, usahakan untuk tetap berada di tempat yang ramai sehingga kamu bisa meminta bantuan orang lain jika tindakan pelaku mulai terasa membahayakan.
  • Jangan sendirian dan usahakan untuk menghindari lokasi tempat pelaku sering melakukan catcalling.

3. Jenis-jenis catcalling

  • Catcalling berkedok pujian

Catcalling ini adalah satu satunya yang mungkin akan kamu berikan senyuman canggung. Senyuman yang membuat catcaller merasa malu dan kalau bisa akan membuat rasa jera. Tipe ini akan mengatakan sesuatu seperti “kamu cantik” saat berjalan di jalan. Mungkin mereka pikir dengan berkata seperti itu akan mencerahkan hari kamu. Tapi itu ternyata malah membuat kamu merasa tidak nyaman dan aman.

  • Catcalling pembuat keributan

Gangguan jenis catcaller selanjutnya adalah catcaller yang menyembunyikan klakson, bersiul dan berteriak dari motor atau dalam mobil saat kamu sedang berjalan. Biasanya, orang yang melakukan ini tidak sendiri, ia berkelompok bersama teman temannya, seperti orang orang yang ingin diperhatikan atau juga bisa saja maksud mereka santai sambil iseng.

  • Catcalling sok baik 

Meskipun mungkin tidak termasuk dalam kategori catcaller, jenis penggoda ini akan mendekatimu di jalan untuk memberikan tawaran mengantar pulang atau membantu kamu sampai ke tempat tujuan. Bahkan jika kamu sudah bilang “tidak, terima kasih”, kadang mereka tetap bersikeras dan berjalan untuk mengikuti kamu beberapa langkah.

  • Catcalling pemberi nasihat

Catcaller ini seperti orang yang paling tahu isi hati kita. Dia orang yang bilang “senyum dong” atau “jangan terlihat sedih”. Jenis penggoda ini benar benar membuat darah naik bagi siapa saja yang mendengarnya. Korban merasa jengkel dengan adanya kata kata ini.

  • Catcalling yang gampang tersinggung 

Meski bisa dibilang salah satu yang terburuk dalam daftar, sebenarnya sangat lucu bagi orang orang yang melakukan ini. Bagaimana tidak niatnya ingin menggoda dengan iseng tapi jika mereka tidak menerima tanggapan seperti yang mereka inginkan, mereka akan berubah dengan menghina kamu. Seperti “Hai cantik, boleh aku minta nomormu?”.

Ketika kamu menjawab dengan sopan “tidak”, jawaban yang akan kamu dapatkan malah hinaan dari mereka. Nada mereka yang cepat berubah. Mungkin mereka merasa tidak dihargai oleh korban, merasa malu. Padahal yang sebenarnya terjadi malah korban yang seharusnya merasa jengkel dan marah karena perbuatan mereka itu. Lah ini malah sebaliknya, yang buat sangat jengkel oleh korban.

Itulah beberapa hal mengenai apa itu catcalling dan cara menghadapinya yang perlu kamu waspadai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper