Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 9 Menteri dan Wamen Jokowi yang Masuk Daftar Bacaleg DPR 2024

Berikut daftar 9 menteri dan wakil menteri (wamen) Jokowi yang masuk bursa bakal calon legislatif (bacaleg) DPR Pilpres 2024.
Dito Ariotedjo dilantik menjadi Menpora / Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden
Dito Ariotedjo dilantik menjadi Menpora / Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA – Setidaknya ada sembilan menteri dan wakil menteri (wamen) Menteri Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang masuk ke daftar calon sementara (DCS) anggota DPR RI untuk Pemilu 2024.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi merilis daftar nama 9.919 DCS anggota DPR Pemilu 2024 lewat situs webnya (infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Dcs_dpr) pada Sabtu (19/8/2023).

Jika dicek maka ada enam partai politik yang mendaftarkan kadernya yang masih menjadi menteri dan wamen aktif untuk jadi bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Pemilu 2024.

PDI Perjuangan (PDIP) mendaftar satu menteri dan satu wamen. Partai Golkar juga mendaftarkan satu menteri dan satu wamen. Partai NasDem mendaftarkan satu menteri.

Lalu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendaftarkan dua menteri. Partai Bulan Bintang (PBB) mendaftarkan satu wamen. Terakhir, dari Partai Perindo mendaftarkan satu wamen. Siapa saja mereka?

Berikut 9 menteri dan wamen yang nyaleg di Pemilu 2024:

1. Menkumham Yasonna Laoly

Kader PDIP yang juga Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly tercatat masuk DCS anggota DPR Pemilu 2024 dari daerah pemilihan (dapil) Sumatera Utara I, yang meliputi Kabupaten Deli Serdang dan Sedang Bedagai serta Kota Medan dan Tebing Tinggi.

Yasonna menempati nomor urut 1 di daftar bacaleg PDIP. Pada 2004-2014, pria berdarah Nias ini memang sudah berpengalaman jadi anggota DPR.

Pada Pemilu 2019, Yasonna juga kembali jadi bacaleg dan terpilih menuju Senayan. Meski demikian, dia mengundurkan diri usai kembali diangkat Presiden Jokowi jadi menkumham.

2. Menpora Dito Ariotedjo

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo alias Dito Ariotedjo masuk ke dalam DCS anggota DPR Pemilu 2024 dari Partai Golkar. Dito ada di nomor urut 1 daftar bacaleg Golkar di dapil DKI Jakarta I yang meliputi Kota Jakarta Timur.

Pria yang sempat masuk dalam Forbes 30 Under 30 Indonesia 2020 ini sebenarnya belum pernah pengalaman menjadi anggota parlemen. Artinya, ini akan jadi pengalaman pertamanya apabila terpilih.

3. Mentan Syahrul Yasin Limpo

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menjadi bacaleg untuk Pemilu 2024. Dia akan ada di nomor urut 1 dari Partai NasDem di dapil Sulawesi Selatan I yang meliputi Kabupaten Bantaeng, Gowa, Jeneponto, Kepulauan Selayar, Takalar, dan Kota Makassar.

Sebenarnya, Syahrul lebih banyak punya pengalaman di eksekutif daripada legislatif. Dia pernah menjadi Bupati Gowa, Wakil dan gubernur Sulawesi Selatan. Syahrul belum pernah menjadi anggota DPR atau DPRD.

4. Menaker Ida Fauziah

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah masuk ke dalam daftar bacaleg PKB di Pemilu 2024. Dapat nomor urut 1, Ida akan bertarung di dapil DKI Jakarta II yang meliputi Kota Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Luar Negeri.

Sebelum menjadi pembantu presiden, perempuan yang pernah menjadi guru SMA ini memang sudah berpengalaman duduki kursi anggota dewan di Senayan. Pada Pemilu 1999, 2004, 2009, dan 2014, Ida selalu terpilih untuk mewakili dapil Jawa Timur VIII.

5. Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar terdaftar dalam bacaleg DPR Pemilu 2024 dari PKB. Dengan nomor urut 2, Halim akan coba merebut tiket kursi parlemen dari dapil Jawa Timur VIII, yang liputi Kabupaten Jombang, Madiun, Mojokerto, dan Nganjuk serta Kota Madiun dan Mojokerto.

Kakak dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar ini sebelumnya belum pernah menjadi anggora DPR RI. Meski demikian, dia pernah menjadi pimpinan di DPRD Kabupaten Jombang (1999-2009) dan DPRD Provinsi Jawa Timur (2009-2019).

6. Wamendagri Wempi Wetipo

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Wenpi Wetipo didaftarkan PDIP untuk jadi bacaleg Pemilu 2024. Wenpi akan akan bertarung di dapil baru Papua Pegunungan dengan nomor urut 1.

Dia belum pernah jadi anggota dewan, namun lebih sering berkarier di eksekutif. Wenpi pernah menjadi Bupati Jayawijaya (2008-2018), kemudian menjadi wakil menteri pekerjaan umum dan perumahan (2019-2022), dan kini wamendagri.

7. Wamendag Jerry Sambuaga

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga tercatat menjadi bacaleg dari Golkar untuk Pemilu 2024. Dapati nomor urut 2, Jerry akan bertarung di dapil Sulawesi Utara.

Pria 28 tahun ini sudah berpengalaman menjadi anggota DPR pada 2014-2019. Jerry, yang meraih dokter ilmu politik, juga lama berkarier menjadi dosen di beberapa perguruan tinggi salah satunya Universitas Indonesia.

8. Wamenaker Afriansyah Noor

Sekretaris Jenderal sekaligus Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor juga terdaftar jadi bacaleg DPR untuk Pemilu 2024. Dengan nomor urut 1, dia akan bertarung di dapil Jawa Barat V yang liputi Kabupaten Bogor.

Sebenarnya, Afriansyah sudah jadi caleg DPR sejak Pemilu 2004 hingga 2019 namun tak pernah terpilih. Meski demikian, dia akan mencoba peruntungannya lagi pada Pemilu 2024.

9. Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo

Terakhir, ada Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Herliani Tanoesoedibjo yang terdaftar jadi bacaleg DPR Pemilu 2024 dari Partai Perindo. Nantinya—dengan nomor urut 1, Angela akan bertarung di dapil Jawa Timur I yang meliputi Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya.

Pada Pemilu 2019, putri dari konglomerat Hary Tanoesoedibjo ini sudah mencalonkan diri jadi bacaleg DPR di dapil yang sama. Meski demikian, Perindo tak lolos parlementary threshold.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper