Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

20 Kata-Kata Kemerdekaan Indonesia Ke-78 Paling Bermakna

Kumpulan kata-kata kemerdekaan Indonesia ini bisa meningkatkan semangat kamu.
Kata-kata kemerdekaan/Pinterest
Kata-kata kemerdekaan/Pinterest

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi suatu bangsa negara, kemerdekaan ialah meraih hak kendali penuh atas seluruh wilayah bagian negaranya. Sementara untuk seseorang, kemerdekaan bisa diartikan mendapat hak untuk mengendalikan dirinya sendiri tanpa dapat gangguan dari orang lain. Untuk itu kamu perlu mengetahui kata-kata kemerdekaan

Hal itu berarti pada 2023 ini, akan menjadi peringatan ulang tahun ke-78 Republik Indonesia. Beragam cara yang biasanya ditunjukkan rakyat Indonesia untuk merayakan hari ulang tahun kemerdekan. 

Hal tersebut sebagai wujud nasionalisme dan mencintai Tanah Air Indonesia. Selain itu, kamu bisa meningkatkan rasa dan jiwa nasionalisme dengan membaca dan membagikan kata-kata mutiara tentang kemerdekaan. 

Kata-kata Motivasi Kemerdekaan Indonesia

  1. Jangan mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna, selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita selesai!
  2. Hargailah hasil dari perjuangan orang-orang sebelum kita demi masa depan anak cucu kita.
  3. Seribu orang tua hanya dapat bermimpi. Satu orang pemuda dapat mengubah dunia. MERDEKA!
  4. Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkobar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir, dan putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar walau panasnya peluru menembus tubuh.
  5. Perjuangan bangsa indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir.
  6. Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun.
  7. Darahmu tumpah di tanah pusaka. Jiwamu mengawal tegaknya Indonesia. Engkau pahlawanku. Engkau kusuma negaraku.
  8. Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang dengan lebih keras.
  9. Tetaplah menjadi satu. Jangan sampai ingin terpecah. Gapai angan dan citamu di masa depan yang cerah. Raih prestasi terbaikmu, dan buat bangsa ini pun bangga. Selamat hari kemerdekaan.
  10. Para pahlawan membayar kemerdekaan ini dengan darah, kita menghargai kemerdekaan itu dengan keringat kerja keras untuk berkarya membanggakan Indonesia.

Kata-kata Mutiara Kemerdekaan Indonesia

  1. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Dirgahayu Indonesiaku
  2. Apakah kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong.
  3. Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka. Dirgahayu Indonesiaku
  4. Perjuangan bangsa indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Dirgahayu Indonesia.
  5. Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia.
  6. Jasa pahlawan, jasa penuh kenangan. Jasa yang tak akan mampu dibeli dengan harta, Jasa yang punya tujuan “Merdeka atau Mati”, Saudaraku, mari kita bangkit bersama. Membangun negeri tercinta. Dirgahayu Indonesiaku.
  7. Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Selamat Hari Kemerdekaan
  8. Merah Putih dalam dada berkibar terhempas kibasan sayap burung garuda, untukmu Indonesia tercinta bukti perjuangan para pahlawan bangsa. Dirgahayu Indonesiaku.
  9. Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri. Dirgahayu Indonesiaku.
  10. Sang saka Merah Putih berkibar, tampak indah melambai-lambai, semangat juang kami terus berkobar, untuk gapai Indonesia makmur dan damai. Dirgahayu Indonesiaku.

Itulah beberapa kata-kata kemerdekaan yang mungkin belum kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper