Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ceko Tawarkan Helikopter Tempur Mil Mi-24 untuk Ukraina

Ceko menawarkan helikopter tempur Mil Mi-24 untuk Ukraina yang bertempur dengan Rusia.
Ilustrasi helikopter tempur.
Ilustrasi helikopter tempur.

Bisnis.com, JAKARTA - Ukraina mungkin menerima helikopter tempur Mi-24V/35 (Mil Mi-24) buatan Soviet dari stok Czechia karena militer Ceko menonaktifkan helikopter ini demi model AS yang lebih baru, Czech News Agency melaporkan pada 17 Agustus, mengutip menteri pertahanan negara itu.

Dalam pidatonya kepada anggota parlemen dan pejabat militer, Menteri Pertahanan Jana Cernochova mengatakan bahwa helikopter Mi-24V/35 memberikan layanan yang sangat baik, meskipun telah digunakan lebih lama dari yang diharapkan.

"Meskipun kami memberikan perpisahan simbolis hari ini, kisah helikopter ini belum berakhir. Seperti yang mungkin kita semua duga, helikopter ini masih dapat menemukan kegunaan di sana di mana semua perangkat keras pertahanan saat ini dibutuhkan. Di sinilah kami telah memberikan bantuan selama beberapa bulan terakhir, seperti yang akan terus kami lakukan di masa mendatang,” kata menteri.

Pada tahun 2023, militer Ceko memiliki 13 helikopter Mi-24V/35, meskipun hanya 10 di antaranya yang aktif digunakan.

Praha telah memasok beberapa helikopter serangnya ke Ukraina sebagai bantuan militer tahun lalu tanpa menyebutkan jumlahnya. Kelompok investigasi Oryx mengidentifikasi setidaknya empat dari mereka akan digunakan oleh militer Ukraina.

Pada bulan Juli, Perdana Menteri Petr Fiala berjanji untuk menyediakan helikopter serang lebih lanjut untuk meningkatkan pertahanan Ukraina.

Czechia saat ini mengganti kendaraan yang lebih tua dengan kapal perang UH-1Y Venom dan AH-1Z Viper buatan AS. Praha mengharapkan untuk menerima 20 dari mereka pada akhir tahun, baik melalui penjualan maupun sebagai sumbangan dari AS sebagai apresiasi atas dukungan Czechia untuk Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper