Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AS hingga Jepang Ucapkan Selamat HUT RI, Ini Pesan Joe Biden

Sejumlah negara mulai mengucapkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI mulai dari Amerika Serikat hingga Jepang.
Presiden  Amerika Serikat (AS) Joe Biden./Bloomberg
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa negara mulai dari Amerika Serikat hingga Jepang turut menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI.

Adapun mereka adalah para petinggi dari Amerika, Belanda, Prancis, Jepang, hingga Berikut ucapannya seperti yang dirangkum oleh Bisnis.com.

Daftar Negara yang Ucapkan HUT RI:

1. Amerika Serikat

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengucapkan selamat hari kemerdekaan kepada Presiden Joko WIdodo, dalam pesannya melalui Kedubes AS di Jakarta.

“Atas nama rakyat Amerika Serikat, saya menyampaikan harapan tulus kami kepada Anda dan rakyat Indonesia saat Anda merayakan 78 tahun kemerdekaan,” ujar Biden pada Presiden Jokowi, dikutip dari laman kedutaan besar Amerika, Kamis (17/8/2023).

Pada kesempatan itu, Biden juga berharap kemitraan strategis antara Indonesia dan AS dapat memajukan prinsip demokrasi yang sama, keamanan, serta kemakmuran dari kedua negara.

2. Belanda

Duta Besar Belanda atas Indonesia, Timor-Leste, dan Asean Lambert Grijns juga turut mengatakan dirgahayu Republik Indonesia.

“Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-78. Di hari yang berbahagia ini, saya ingin mendukung lewat hari kemerdekaan Indonesia tahun ini, terus melaju untuk Indonesia maju,” ujar Grijns dalam video yang diunggah di Instagram Kedutaan Belanda untuk Indonesia.


3. Prancis

Kuasa a.i. Kedubes Prancis di Indonesia Laurent Legodec mewakili pemerintah Prancis juga menyatakan ucapan selamat atas kemerdekaan Indonesia.

“Atas nama pemerintah Prancis, saya ingin menyampaikan harapan terbaik saya kepada seluruh rakyat Indonesia dalam rangka ulang tahun ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Legodec dalam video yang diunggah akun Instagram Kedutaan Besar Prancis, Kamis (17/8/2023).

Dalam videonya, Legodec juga menyatakan pentingnya kemitraan antara kedua negara. Oleh karena itu, Legodec mengharapkan adanya kerja sama antara kedua negara untuk menghadapi masalah global saat ini.


4. Jepang

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji ikut mengucapkan selamat ulang tahun kemerdekaan Indonesia.

Dalam ucapannya, dia berharap agar Indonesia dapat semakin kokoh dan bersatu dalam keberagaman budaya.

“Dan semoga hubungan baik Jepang-Indonesia dapat terus memberikan manfaat bagi kedua negara dan dunia,” ujar Kanasugi Kenji dalam video di Instagram Kedutaan Jepang untuk Indonesia, Kamis (17/8/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper