Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tekan Polusi Udara, Wapres Ma'ruf Imbau Masyarakat Beralih ke Kendaraan Umum

Wapres maruf Amin mengimbau agar masyarakat mulai beralih menggunakan moda transportasi umum untuk menekan polusi udara.
Wapres Maruf Amin / Setwapres
Wapres Maruf Amin / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mengimbau agar masyarakat mulai beralih menggunakan moda transportasi massal. Mengingat, telah banyak kendaraan umum seperti bus-bus listrik yang telah disediakan oleh pemerintah daerah (pemda).

“Saya mendorong untuk kemudian supaya banyak menggunakan kendaraan umum, yang sekarang ini sudah mulai menggunakan bus-bus listrik ya, sebab polusi yang paling besar itu kan dari kendaraan, jadi ada melakukan perubahan, dan terus dikaji hal-hal yang mungkin bisa lebih baik lagi,” katanya di Istana Wapres, Senin (14/8/2023).

Lebih lanjut, orang nomor dua di Indonesia itu pun mendorong pemerintah daerah untuk membuka ruang terbuka hijau.

Menurutnya, hingga hari ini keseriusan pemerintah mengatasi polusi udara di wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) terus dilakukan.

“Saya kira pemerintah memang serius ya untuk mengatasi polusi udara di Jabodetabek,” pungkas Ma’ruf.

Menurut data Air Quality Index (AQI) per Senin (14/8/2023), kualitas udara Tangerang Selatan dan DKI Jakarta menjadi paling buruk, lantaran mencatatkan angka 153 AQI. Bahkan, dalam beberapa waktu terakhir, Jakarta selalu menjadi kota dengan udara buruk di dunia.

Situs pemantau kualitas udara, IQAir, mencatat tingkat polusi udara Jakarta sepanjang pekan ini berpotensi di angka 122-153 AQI US yang dinilai tidak sehat, khususnya bagi kelompok sensitif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper