Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indikator: Pemilih Muda Condong ke Prabowo, Usia 80 Tahun ke Atas Pilih Anies

Prabowo unggul di kalangan Gen Z, Milenial, dan Baby Boomer. Ganjar unggul di pemilih Generasi X. Anies Baswedan unggul di interwar generation.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir. di Istana Bogor pada Minggu (16/7/2023)./Instagram @prabowo
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir. di Istana Bogor pada Minggu (16/7/2023)./Instagram @prabowo

Bisnis.com, JAKARTA – Tingkat keterpilihan atau elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di kalangan pemilih muda. Sementara itu, Anies Baswedan semakin jauh tertinggal.

Survei Lembaga Indikator Politik Indonesia mencatatkan bahwa dengan simulasi 3 nama, elektabilitas Prabowo berada di angka 36,8 peresen, Ganjar 35,7 persen dan Anies Baswedan sebanyak 21,5 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi menyampaikan hal itu saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Kepemimpinan Nasional dan Dinamika Elektoral Jelang 2024 di Mata Generasi Muda’ secara virtual, Minggu (23/7/2023).

"Jadi sampai 3 nama perbedaan Ganjar dan Prabowo Subianto masih neck to neck meskipun Prabowo unggul tapi keunggulannya tipis. Dan Anies di peringkat ketiga 21,5 persen selisih kurang lebih 14 persen dibanding Ganjar," katanya dalam forum secara virtual.

Burhanudin memaparkan bahwa Prabowo unggul di kalangan Gen Z, Milenial, dan Baby Boomer dengan angka masing-masing sebesar 40,5 persen, 37,1 persen, dan 41,3 persen. Ganjar unggul di pemilih Generasi X sebanyak 39,8 persen.

Sedangkan Anies, menurut survei versi Indikator Politik, mayoritas didukung oleh generasi interwar atau 80 tahun ke atas dengan angka 52,9 persen.

ia melanjutkan apabila pemilihan capres dilakukan berdasarkan tren basis calon presiden (capres) menurut basis pemilihan presiden (pilpres) 2019 yaitu Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Maka, pendukung dari barisan Jokowi-Ma’ruf lebih mendukung Ganjar Pranowo.

Urutan tren dukungan dari basis Jokowi-Ma'ruf menempatkan Ganjar Pranowo di posisi pertama dengan perolehan 49,3 persen, kemudian Prabowo Subianto di 28,5 persen, sedangkan 14,0 persen diraih oleh Anies Baswedan yang masih bertengger di posisi ketiga.

"Kan selama ini ada yang mengatakan Pak Prabowo elektabilitasnya meningkat karena Jokowi endorsment. Nah kalau kita lihat memang ada buktinya, awalnya Pak Prabowo berada di kalangan Pak Jokowi-Kiai Ma'ruf, kan ada 55 persen pemilih Pak Jokowi-Kiai Ma'ruf hasil Pemilu 2019, itu Pak Prabowo konsisten berada di peringkat kedua," katanya. 

Sementara itu, apabila dilihat melalui tren dukungan di basis Prabowo-Sandiaga, Burhanudin memerinci bahwa Prabowo Subianto mendapat dukungan hingga 51,6 persen, sedangkan posisi kedua direbut oleh Anies Baswedan di 41,0 persen dan Ganjar Pranowo hanya mendapat 5,9 suara.

Untuk diketahui, survei ini digelar pada 20—24 Juni 2023 terhadap 1.220 responden. Responden diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. Adapun margin of error survei +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper