Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

11 Proyek Kerja Sama Sub-Regional, BIMP-EAGA dan Korea Selatan Diresmikan

BIMP-EAGA dan Korea Selatan meresmikan 11 proyek kerja samanya sebagai bagian dari kerja sama ekonomi sub-regional
BIMP-EAGA
BIMP-EAGA

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah mendorong kerja sama ekonomi sub-regional  salah satunya melalui Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA).

Menindaklanjuti kerja sama BIMP-EAGA dan Korea Selatan, telah dilakukan pertemuan Senior Officials Meeting (SOM) dan disahkan 11 proyek kerja sama melalui kerangka pendanaan BIMP-EAGA- Republic of Korea Cooperation Fund (BKCF).

Pada kesempatan tersebut, delegasi dipimpin oleh Asisten Deputi Kerjasama Ekonomi Regional dan Subregional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Netty Muharni.

Netty menyampaikan pentingnya penguatan mekanisme implementasi proyek-proyek BKCF, terutama melalui penguatan monitoring, dan peningkatan sinergi  dengan pemangku kepentingan BIMP-EAGA lainnya seperti Cluster/Working Groups (CWGs), BIMP-EAGA Business Council (BEBC), akademisi, serta pemerintah daerah di kawasan sub-regional. 

Selain itu, diperlukan juga program peningkatan kapasitas bagi berbagai pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas proposal dan kualitas implementasinya.

”Kita dapat memperluas kerja sama ini dalam semua sektor prioritas BIMP-EAGA di masa mendatang, khususnya dalam sektor ketahanan dan ketahanan energi serta transisi energi yang menjadi pembahasan secara global saat ini,” katanya dalam siaran pers, Sabtu (22/7/2023).

Sebagai informasi, pada periode 2021-2022, telah dilakukan 1st dan 2nd Round BKCF dengan total pendanaan sebesar US$3,5 juta. Pada 2023 ini, program BKCF kembali digelar secara lebih inklusif pada sektor konektivitas, pariwisata, lingkungan, dan pertanian-perikanan. 

Pemerintah Korea berkomitmen untuk terus meningkatkan kontribusi pendanaan hingga US$6 juta per tahun pada 2027. Proposal tahap ke-4 tahun 2024 akan dibuka pada Januari 2024. 

Namun demikian, forum sepakat untuk mendiseminasikan program tersebut sedini mungkin agar lebih banyak menarik proposal proyek yang berkualitas, inklusif, selaras dengan prioritas area dalam visi BIMP-EAGA 2025, serta berkontribusi positif bagi perekonomian BIMP-EAGA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper