Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapal Selam OceanGate Dijual Rp11,92 Miliar

Beredar kabar jika kapal selam Oceangate dijual hanya US$795.000 atau Rp11,92 miliar, benarkah?
Kapal Wisata Titanic OceanGate/Dok. Tangkapan Layar Laman Instagram
Kapal Wisata Titanic OceanGate/Dok. Tangkapan Layar Laman Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang pialang kapal pesiar telah mencoba menjual kapal selam OceanGate tua seharga hampir $800.000 atau sekitar US$795.000 dalam rupiah Rp11,92 miliar.

Tetapi, karena kasus meledaknya kapal selam Titanic dan perusahaan ditutup, penjualan itu diperkirakan akan gagal total. Tapi yang dijual bukanlah kapal selam yang telah meledak pertengahan Juni lalu.

Pialang kapal pesiar bernama Steve Reoch itu mendaftarkan Antipodes buatan tahun 1996 yang dibeli oleh CEO OceanGate Stockton Rush sebagai kapal selam pertamanya seharga US$795.000 atas nama perusahaan eksplorasi laut dalam.

Mereka telah mencoba membongkarnya selama lima tahun terakhir, menurut sumber dilansir dari New York Post.

Tapi dia mengatakan bahwa OceanGate memiliki peluang yang lebih kecil untuk menjualnya sekarang bahkan dia juga sudah selesai mencoba menjajakannya.

"Saya tidak ingin ada hubungannya dengan itu," kata Reoch beberapa minggu setelah kapal selam Titan Oceangate meledak dalam perjalanannya ke kapal karam Titanic, menewaskan kelima orang di dalamnya, termasuk Rush.

Pialang tersebut mengatakan bahwa dia telah mencoba untuk menjual Antipodes sepanjang 13 ½ kaki selama bertahun-tahun tetapi hanya mendapat minat dari orang-orang yang "tidak sah".

Kapal, yang dibangun oleh Perry Submersibles yang berbasis di Florida itu, sebelumnya dimiliki beberapa orang sebelum Rush membelinya.

“Antipodes adalah kapal selam berawak laut dalam dengan pengalaman yang terbukti dan catatan keamanan yang sangat baik,” kata situs web Oceangate.

Kapal itu diklaim siap menyelam secara operasional, setelah menyelesaikan Survei Klasifikasi Biro Pengiriman Amerika (ABS) selama tiga tahun pada bulan Februari 2017 termasuk pembongkaran dan inspeksi lengkap, serta sertifikasi penyelaman dalam.

Kapal selam ini memiliki enam pendorong listrik, dua kubah akrilik hemispheric 58 inci mampu menampung seorang pilot dan hingga empat awak, termasuk sistem pendukung kehidupan selama 72 jam untuk lima orang.

Kedalaman maksimumnya terdaftar pada 305 meter, atau 1.000 kaki, jauh lebih sedikit dari kedalaman 12.500 kaki dari kapal Oceangate yang sebelumnya karam.

Reoch mengatakan beberapa penyelaman yang dilakukan Rush di Antipodes termasuk ekspedisi mencari hiu dengan rapper Macklemore - semuanya "berhasil".

"Semua orang kembali dengan baik," katanya dilansir dari Insider.

Reoch juga mencatat bahwa Antipodes memenuhi standar industri di bawah Biro Pengiriman Amerika, sedangkan Titan yang naas tidak menerima imprimatur dari biro tersebut.

Stockton meminta broker untuk menjual Antipodes ketika OceanGate mulai membangun kapal selam keduanya, Cyclops.

Saat menunggu untuk dijual, OceanGate terus menggunakannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper