Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kronologi Kasus Kematian Warga Gunung Kidul Akibat Antraks

Kemenkes mengungkap kronologi satu kasus kematian akibat penyakit antraks di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. 
Bakteri Bacillus anthracis penyebab antraks/wikipedia
Bakteri Bacillus anthracis penyebab antraks/wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkap kronologi satu kasus kematian akibat penyakit antraks di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. 

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Imran Pambudi mengatakan bahwa kasus kematian akibat antraks tercatat pada 4 Juni 2023. 

WP, korban meninggal dunia penyakit antraks, meninggal setelah menjalani perawatan intensif di RS Dr. Sardjito Yogyakarta. 

Imran mengatakan, WB terserang penyakit antraks setelah membantu proses penyembelihan hewan ternak sapi milik warga Gunung Kidul lainnya, SY pada 22 Mei 2023. Penyembelihan itu baru dilakukan setelah sapi milik SY mati. 

Kemudian, pada 1 Juni 2023, WB berobat ke rumah sakit dengan keluhan gatal-gatal, bengkak, hingga luka di bagian kulit luar. 

“Waktu diperiksa sampelnya, positif spora antraks dari sampel tanah tempat penyembelihan sapi,” ujarnya di konferensi pers daring dikutip Jumat (7/7/2023). 

Kondisi yang semakin memburuk mengharuskan untuk WB dirujuk ke RS Dr. Sardjito Yogyakarta. Berdasarkan hasil tes darah yang dilakukan di rumah sakit tersebut, WB didiagnosis suspek antraks. 

“Dan pada 4 Juni 2023 bapak WB meninggal dunia,” sambungnya. 

Adapun, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular mengatakan bahwa antraks bukanlah penyakit yang baru diidentifikasi penyebarannya di Indonesia. Berdasarkan data Kemenkes, kasus antarks hampir setiap tahun terjadi di tanah air. 

Pada 2019, pemerintah bahkan mencatat 31 kasus antraks dalam kurun waktu setahun. Namun, dia membenarkan bahwa kasus kematian akibat antraks baru ditemukan pada tahun ini. 

“Hampir setiap tahun itu ada meskipun belum ada kematian, karena selama ini yang menyerang antraks jenis kulit,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper