Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

20 Kampus Swasta Terbaik Versi Webometrics

Bagi calon mahasiswa yang tidak lulus universitas negeri, maka bisa mencoba kampus swasta.
Kampus Binus University di Alam Sutera Tangerang/Binus
Kampus Binus University di Alam Sutera Tangerang/Binus

Bisnis.com, JAKARTA – Laman peringkat universitas Webometrics merilis peringkat universitas di seluruh dunia termasuk universitas swasta di Indonesia.

Mendaftar ke universitas swasta Indonesia bisa menjadi alternatif calon mahasiswa yang masih mencari kampus terbaik untuk melanjutkan pendidikan. 

Simak 20 universitas swasta terbaik di Indonesia versi Webometrics 2023:

1. Universitas Telkom (Telkom University)

Universitas Telkom atau Telkom University (Tel-U) adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Berdiri pada 14 Agustus 2013, Tel-U merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang pertama meraih akreditasi Unggul oleh BAN-PT dengan beberapa kali menempati gelar Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia serta merupakan salah satu Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia.

2. Universitas Bina Nusantara (Binus University)

Universitas Bina Nusantara adalah salah satu universitas swasta Indonesia. Universitas ini bernaung di bawah lembaga pendidikan Bina Nusantara. Universitas Bina Nusantara memiliki 3 jenis program kuliah, yaitu program reguler, internasional, dan secara daring.

3. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana adalah sebuah perguruan tinggi swasta (PTS) yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Berdasarkan pemeringkatan Webometrics tahun 2023, Universitas Mercu Buana merupakan universitas swasta terbaik peringkat ke-24 secara nasional.

4. Universitas Dian Nuswantoro

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) adalah salah satu perguruan tinggi swasta terakreditasi institusi A yang berada di Semarang, Indonesia dan berdiri pada tahun 1990.

universitas swasta terkenal bagus terbaik
universitas swasta terkenal bagus terbaik

5. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 29 November 1965. Universitas Trisakti terletak di Jalan Kyai Tapa, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. 

6. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah perguruan tinggi swasta yang didirikan pada tanggal 27 September 1965. Sejak tanggal 31 Agustus 1973, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Yogyakarta memisahkan diri dari Universitas Katolik Indonesia Atmajaya Jakarta dan berdiri sebagai Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

7. Universitas Kristen Petra (Petra Christian University)

Universitas Kristen Petra (sering disingkat UK Petra atau UKP) adalah sebuah perguruan tinggi swasta nasional di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia yang didirikan pada tahun 1961.

8. Universitas Kristen Satya Wacana

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) adalah salah satu universitas swasta tertua di Indonesia. Universitas ini terletak di Salatiga, Jawa Tengah. 

9. Universitas Widyatama Bandung

Universitas Widyatama adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia berlokasi di kawasan Cikutra, Bandung. Universitas Widyatama berdiri sejak tahun 1973 (d/h STIEB) dan telah memiliki pengalaman selama puluhan tahun dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

10. Universitas Atma Jaya Jakarta 

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya atau disingkat Unika Atma Jaya adalah sebuah perguruan tinggi swasta di DKI Jakarta yang didirikan oleh Yayasan Atma Jaya pada tanggal 1 Juni 1960. Kampus utama Unika Atma Jaya memiliki tiga lokasi yaitu Kampus 1 Karet Semanggi, Jakarta Selatan, Kampus 2 Pluit, Jakarta Utara, dan Kampus 3 Cisauk, Kab. Tangerang, Banten.

Universitas Atma Jaya Jakarta swasta terbaik
Universitas Atma Jaya Jakarta swasta terbaik

11. Universitas Kristen Maranatha

Universitas Kristen Maranatha adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Jawa Barat, Indonesia berbasis Kristen yang berlokasi di Bandung. Saat ini Universitas Kristen Maranatha menaungi 9 fakultas dengan 3 program diploma, 18 program sarjana, 2 program profesi, dan 4 program pascasarjana.

12. Universitas Sanata Dharma 

Universitas Sanata Dharma adalah universitas Katolik yang berlokasi di Yogyakarta. Dikenal juga dengan sebutan USD dan Sadhar. Universitas Sanata Dharma sekarang memiliki 8 Fakultas dengan 26 Program Studi Sarjana S1, 10 Program Magister (S2), 3 Program Profesi, dan 3 Program Kursus Bersertifikat.

13. Universitas Katolik Soegijapranata 

Universitas Katolik Soegijapranata (Unika) adalah sebuah perguruan tinggi katolik terkemuka di Indonesia yang berada di kota Semarang, Jawa Tengah, dan berada di bawah naungan Yayasan Sandjojo yang terafiliasi dengan (Keuskupan Agung Semarang) (Archdiocese of Semarang). Unika Soegijapranata adalah perguruan tinggi swasta pertama di jawa tengah yang berhasil mendapatkan akreditasi "A", pada 26 Januari 2017.

14. Universitas Katolik Parahyangan

Universitas Katolik Parahyangan atau dikenal dengan singkatan (Unpar) adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang terletak di Kota Bandung, Indonesia berbasis Katolik. Kampus utamanya terletak di Jalan Ciumbuleuit, dan kampus lainnya terletak di Jalan Merdeka, Jalan Aceh, dan Jalan Nias.

15. Universitas Islam Malang

Didirikan di tahun 1981, UNISMA berhasil menjadi salah satu kampus swasta terbaik di Malang.

16. Universitas Medan Area 

Universitas Medan Area atau UMA adalah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Medan. 

17. Universitas Malahayati

Universitas yang banyak disebut dengan UNMAL ini merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berada di Bandar Lampung. Pada mulanya Universitas ini didirikan pada 27 Agustus 1993 oleh Yayasan alih teknologi.

18. Universitas Esa Unggul

Universitas Esa Unggul (UEU) didirikan pada tahun 1993 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Kemala Bangsa adalah Perguruan Tinggi Swasta terkemuka dan menjadi salah satu Universitas Swasta terbaik di Indonesia.

19. Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Institut Teknologi Telkom Purwokerto dikelola oleh Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) serta merupakan satu-satunya Institut Teknologi yang pertama kali didirikan di Jawa Tengah. Kampus utama ITTP terletak di Kawasan Pendidikan Telkom Terpadu Purwokerto (KPTT) tepatnya di Jalan D.I. Panjaitan No. 128, Kecamatan Purwokerto Selatan, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. 

20. Universitas Budi Luhur

Universitas Budi Luhur adalah sebuah universitas swasta di Jakarta, Indonesia. Universitas yang berdiri sejak 1 April 1979 ini berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper