Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 PTN Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri hingga Juli 2023

Sebanyak 10 PTN masih membuka penerimaan mahasiswa baru dari jalur seleksi mandiri. Setiap PTN memiliki syarat dan biaya pendaftaran.
Kampus Universitas Indonesia (UI)./Istimewa
Kampus Universitas Indonesia (UI)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 10 perguruan tinggi negeri (PTN) masih membuka penerimaan mahasiswa baru dari jalur seleksi.mandiri hingha akhir Juli 2023.

Berikut 10 PTN yang masih buka jalur pendaftaran mandiri maksimal sampai akhir Juli 2023.

1. Universitas Andalas (Unand)

Seleksi mandiri Unand yang masih buka pada bulan ini adalah SIMA Kerja Sama dan SIMA Penyandang Disabilitas yang akan ditutup pada 12 Juli 2023. Biaya pendaftaran SIMA Kerja Sama yakni sebesar Rp350 ribu untuk 2 pilihan prodi dan Rp500.000 untuk 4 pilihan prodi.

Sementara biaya pendaftaran SIMA Penyandang Disabilitas yakni sebesar Rp350 ribu Pendaftaran seleksi mandiri Unand tersebut bisa dilakukan lewat laman https://pmb.unand.ac.id/.

2. Universitas Soedirman (Unsoed)

Dilansir dari laman SPMB Unsoed, pendaftaran seleksi mandiri Non UTBK masih dibuka hingga 14 Juli 2023. Seleksi mandiri jalur UTBK telah ditutup pada 28 Juni 2023.

Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin mengambil program sarjana kelas internasional dan diploma. Komponen penilaian pada jalur ini antara lain nilai rapor SMA/sederajat semester 1—6, prestasi akademik atau non akademik serta pengalaman organisasi atau kepanitiaan di dalam maupun luar sekolah.

Calon mahasiswa bisa melihat syarat lengkapnya dan melakukan pendaftaran seleksi mandiri jalur non UTBK Unsoed ini melalui laman https://pendaftaran.spmb.unsoed.ac.id/.

3. Universitas Indonesia (UI)

Melansir laman UI, pendaftaran SIMAK UI tahun ini dibuka hingga tanggal 6 Juli 2023. Jalur seleksi mandiri SIMAK UI ini bisa tersedia untuk pilihan program sarjana dan vokasi.

Masing-masing pendaftar SIMAK UI bisa memilih maksimal 2 prodi D3, 2 prodi D4, 3 prodi S1 reguler, dan 3 prodi S1 nonreguler. Biaya pendaftaran SIMAK UI ini sebesar Rp500 ribu.

Setelah melakukan pendaftaran, peserta SIMAK UI akan mengikuti ujian yang berlangsung pada 9 Juli 2023 mendatang. Untuk pengumuman SIMAK UI 2023 ini akan diberitahukan pada 21 Juli 2023 pukul 16.00 WIB.

4. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta)

Pendaftaran mandiri Untirta dibuka dari 26 Juni—20 Juli 2023 melalui situs http://penerimaan.untirta.ac.id/. Pengumuman hasil seleksi: 22 Juli 2023 melalui situs http://pengumuman.untirta.ac.id/.

Seleksi dilakukan melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Sedangkan materi yang akan diujikan terdiri dari Tes Kemampuan Skolastik dan Tes Kemampuan Akademik. Info selengkapnya bisa dicek di pmb.untirta.ac.id.

5. Universitas Negeri Medan (Unimed)

Pendaftaran seleksi mandiri Unimed dibuka pada 15 Mei—4 juli 2023. Peserta yang mendaftar jalur ini akan mengikuti Computer Based Test (CBT). Khusus bagi peserta yang memilih prodi seni dan olahraga diwajibkan melampirkan portfolio.

Pelaksanaan ujian CBT jalur seleksi mandiri Unimed yakni pada tanggal 10—14 Juli 2023. Sementara hasil ujian akan diumumkan pada 21 Juli 2023. Pendaftaran seleksi mandiri Unimed ini bisa dilakukan lewat https://sm.unimed.ac.id/.

6. Universitas Negeri Malang (UM)

UM masih membuka pendaftaran seleksi mandiri jalur Tes Masuk Berbasis Komputer (TMBK). Waktu terakhir pendaftaran jalur seleksi ini yakni tanggal 9 Juli 2023.

Selain itu, seleksi mandiri UM yang masih dibuka juga adalah jalur Kemitraan yang akan ditutup pada 31 Juli 2023. Biaya pendaftaran kedua jalur tersebut dikenakan sebesar Rp300 ribu. Pendaftaran bisa dilakukan secara online lewat laman https://seleksi.um.ac.id/app/.

7. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

Unesa masih membuka kesempatan bagi calon mahasiswa baru untuk bisa masuk ke kampusnya lewat jalur seleksi mandiri.

Beberapa jalur seleksi mandiri yang masih buka antara lain TMUBK PSDKU Magetan (7 Juli 2023), TMUBK Disabilitas (11 Juli 2023), dan SMBUK Sarjana (11 Juli 2023).

Pendaftaran ketiga jalur tersebut bisa dilakukan lewat laman https://admisi.unesa.ac.id/. Adapun biaya pendaftaran untuk mengikuti jalur ini yakni sebesar Rp300.000.

8. Universitas Airlangga (Unair)

Seleksi Mandiri Universitas Airlangga juga masih terbuka untuk para pendaftar. Pendaftaran dibuka dari 29 Mei—5 Juli 2023. Untuk ujiannya akan berlangsung dari 10—13 Juli 2023. Pengumuman hasil ujiannya nanti akan diumumkan 21 Juli 2023

Seleksi Mandiri Jalur Nilai UTBK dan TKA baik untuk Sarjana Reguler, Sarjana Terapan, dan Diploma 3, hanya dapat dipilih salah satu jenjang. Misal: jika sudah mendaftar pada Jalur Nilai UTBK dan TKA Sarjana Reguler, maka tidak dapat mendaftar pada Jalur Nilai UTBK dan TKA Sarjana Terapan atau Diploma 3. Selengkapnya bisa dilihat di situs resmi https://ppmb.unair.ac.id.

9. Universitas Sumatera Utara (USU)

Program penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri Universitas Sumatera Utara dikenal dengan Seleksi Mahasiswa Mandiri. Pendaftaran dibuka dari 5 Juni—12 Juli 2023.

Ujian seleksinya akan dilangsungkan dari 15—21 Juli 2023. Pengumuman hasil seleksi diumumkan pada 27 Juli 2023.

Seleksi mandiri USU ada banyak jenisnya, antara lain: seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri wilayah (SMM-PTN) barat, seleksi mahasiswa internasional (SMI), seleksi berbasis prestasi unggul talenta (SPBU Talenta), seleksi mahasiswa mandiri (SMM), dan program studi di luar kampus utama (PSDKU-USU). Info selengkapnya bisa diakses di https://penerimaan.usu.ac.id/mandiri/.

10. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Tiga dari empat jalur seleksi Unnes masih membuka pendaftaran mahasiswa baru hingga saat ini. Ketiga jalur tersebut antara lain Seleksi Mandiri Reguler, Seleksi Mandiri UTBK, dan Jalur Kelas Internasional gelombang 2.

Mengutip laman Unnes, Seleksi Mandiri Reguler bisa dipilih calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar program S1 dan D3.

Peserta seleksi ini nantinya akan mengikuti tes berbasis komputer dan penilaian portofolio oleh Unnes. Pendaftaran jalur ini dibuka hingga 9 Juli 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper