Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabareskrim Sorot 10 Kejahatan Transnasional yang Marak di Asia Tenggara

Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto menyoroti kejahatan transnasional yang saat ini ancaman serius bagi semua negara di kawasan Asia Tenggara.
Logo Asean/Istimewa
Logo Asean/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto menyoroti kejahatan transnasional yang saat ini ancaman serius bagi semua negara di kawasan Asia Tenggara.

Dia mengatakan bahwa dalam kejahatan transnasional ini, bukan hanya merugikan bagi masyarakat saja tapi juga membuat sendi pemerintahan dunia menjadi lemah. 

Hal tersebut dikatakan saat pertemuan penegak hukum negara Asean atau Senior Officials Meeting on Transnational Crime (SOMTC) ke-23, di Royal Ambarukmo, Yogyakarta

“Kejahatan lintas negara melemahkan sendi-sendi pemerintah global dan regional, sekaligus mengancam keselamatan publik serta menjadi tantangan serius bagi kita menciptakan kawasan aman dan sejahtera,” kata Agus dalam keteranganya, Rabu (21/6/2023).

Lebih lanjut, dalam pertemuan tersebut terdapat sepuluh isu kejahatan transnasional yang dibahas yaitu: perdagangan gelap narkotika, terorisme, kejahatan siber, penyelundupan senjata, perdagangan gelap satwa liar dan kayu, perdagangan orang, pencucian uang, kejahatan ekonomi, pembajakan di laut, dan penyelundupan manusia.

Atas pembahasan tersebut, jenderal bintang tiga ini mengharapkan pembasahan pada pertemuan ini dapat diadopsi untuk disampaikan dalam KTT Asean yang akan dihadiri Pimpinan Asean pada September 2023. 

Dia pun berharap agar semangat Asean dalam pertemuan ini akan membuahkan hasil yang bermanfaat untuk memperkuat kolaborasi melawan kejahatan transnasional di kawasan Asean.

“Semua isu yang dibahas adalah masalah kita bersama, menjadi tanggung jawab pihak kita untuk saling membantu, saling mengisi dan bekerja sama baik melalui jalur formal, terlebih bila bisa ditempuh secara informal, terutama dalam penanganan kejahatan yang melibatkan pelaku dari berbebagai anggota Asean,” ujarnya.

Di sisi lain, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menyambut baik atas udaha Polri yang sudah aware dan punya visi jelas dalam menghadapi kejahatan transnasional. 

Di tengah banyaknya kasus yang harus ditangani di dalam negeri, kadang memang kejahatan yang melibatkan pelaku dari negara lain ini kurang mendapat perhatian. 

“Padahal, metodenya bisa dibilang sangat canggih. Jenis kejahatan seperti narkoba dan terorisme, jelas-jelas sangat membahayakan stabilitas nasional. Selain itu, penting sekali merapatkan barisan dengan instansi intelijen dan kepolisian dari negara lain,” kata Sahroni yang merupakan Anggota Fraksi Partai NasDem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukman Nur Hakim
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper