Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waspada Rabies! Bisa Ditularkan Monyet, Kenali Gejalanya pada Hewan

Penyakit rabies menjadi sorotan publik dan pelaku sektor kesehatan seiring dengan beredarnya berbagai informasi terkait di media sosial.
Rabies/Ilustrasi
Rabies/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Penyakit rabies menjadi sorotan publik dan pelaku sektor kesehatan seiring dengan beredarnya berbagai informasi terkait di media sosial.

Menyikapi situasi ini, Anggota Unit Kerja Koordinasi Infeksi dan Penyakit Tropis Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Novie Homenta Rampengan mengatakan bahwa masyarakat setidaknya perlu mengetahui gejala rabies pada hewan, terutama anjing.

Dikatakan, sejumlah gejala rabies yang bisa diketahui dari anjing.

“Anjing sering menghindar, mudah terkejut, tidak patuh, foto fobia, dan hydrophobia,” jelasnya dalam salah satu diskusi daring, Sabtu (17/6/2023).

Selanjutnya, anjing berpotensi mengidap rabies, jika kehilangan nafsu makan dan justru mengonsumsi benda mati, perilaku berubah menjadi sangat liar, hidung kering, dan posisi ekor berada di antara kedua paha.

Dikatakan, anjing yang mengalami kondisi tersebut biasanya akan mengalami kelumpuhan disusul dengan kematian dalam waktu sekitar 14 hari atau 2 pekan.

Tingkat kewaspadaan terhadap anjing dalam hal mengantisipasi rabies memang lebih tinggi dibandingkan dengan hewan lainnya.

Menurut pemaparan IDAI, lebih dari 95 persen kasus rabies pada manusia terjadi akibat gigitan anjing.

Kendati demikian, virus rabies juga berkembang biak di kelenjar ludah dan dapat ditularkan oleh hewan lain seperti monyet baik melalui gigitan, ataupun air liur yang menyentuh area sensitif seperti bibir, kelopak mata, dan kemaluan.

Apabila mengalami gigitan ataupun terkena liur hewan yang berpotensi mengidap rabies pada area sensitif, terdapat masa inkubasi paling singkat 2 pekan dan paling lama 2 tahun, jika terinfeksi jauh dari organ otak, seperti kaki.

“Namun, pada umumnya masa inkubasi 3 – 8 pekan. Menurut World Health Organization (WHO), masa inkubasi rabies rata-rata 30 – 90 hari,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper