Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Iran Segera Buka Kembali Kedutaannya di Arab Saudi

Arab Saudi dan Iran memastikan akan membuka kembali kedutaan di Ibu Kota masing-masing dalam waktu dekat.
Bendera Iran/Bloomberg
Bendera Iran/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Arab Saudi dan Iran memastikan akan membuka kembali kedutaan di Ibu Kota masing-masing dalam waktu dekat.

Dikutip melalui Al-Jazeera, Senin (5/6/2023), pembukaan kedutaan ini dilakukan sebagai wujud pemulihan hubungan yang dimediasi oleh China yang telah diumumkan pada Maret lalu.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian mengatakan langkah tersebut dilakukan sebagai tanda hubungan yang menghangat setelah kedua negara menutup misi mereka tujuh tahun lalu atas ketegangan yang sempat terjadi.

“Selama panggilan telepon terakhir antara menteri luar negeri Iran dan Arab Saudi pada Idulfitri, kami sepakat untuk bekerja dalam beberapa hari mendatang untuk membuka kembali kedutaan Iran dan Saudi di Teheran dan Riyadh,” kata Amir-Abdollahian dikutip melalui Al Jazeera, Senin (5/6/2023).

Sekadar informasi, hubungan antara keduanya mulai memburuk pada 2015 menyusul intervensi Arab Saudi dan Uni Emirat Arab dalam perang Yaman setelah gerakan Houthi yang bersekutu dengan Iran menggulingkan pemerintah yang didukung Riyadh dan menguasai Ibu Kota Sanaa.

Ketegangan antar-negara pun telah menyebabkan konflik di seluruh wilayah, termasuk perang sipil Suriah.

Kendati demikian, Pemerintah Arab Saudi pun belum mengonfirmasi kapan akan membuka kembali kedutaan besarnya di Teheran.

Namun, Iran dan Arab Saudi telah mendukung pihak-pihak yang berseberangan di sejumlah zona konflik di Timur Tengah selama bertahun-tahun sebelum memulihkan hubungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper