Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NATO Lakukan Latihan Militer Arktik, Janji Lindungi Finlandia

NATO melakukan latihan militer Arktik dan berjanji akan memberikan perlindungan ke anggota baru, Finlandia.
NATO Lakukan Latihan Militer Arktik, Janji Lindungi Finlandia. Bendera Finlandia./Istimewa
NATO Lakukan Latihan Militer Arktik, Janji Lindungi Finlandia. Bendera Finlandia./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Negara-negara anggota NATO telah memulai latihan militer Arktik untuk membela anggota terbarunya yaitu Finlandia

Finlandia menjadi tuan rumah pelatihan bersama pertamanya sejak menjadi bagian dari aliansi Barat itu pada April lalu, seperti dilansir dari Aljazeera, pada Rabu (31/5/2023). 

Hampir 1.000 pasukan sekutu dari Norwegia, Inggris, dan Amerika Serikat (AS) serta calon NATO Swedia, bergabung dengan sekitar 6.500 tentara Finlandia dan sekitar 1.000 kendaraan untuk latihan pada pekan ini. 

Latihan militer tersebut menandai latihan angkatan darat zaman modern terbesar Finlandia di atas Lingkaran Kutub Utara. 

Mayor Jenderal Angkatan Darat AS Gregory Anderson dari Divisi Gunung ke-10 mengatakan negaranya siap untuk membela Finlandia. 

Dia mengawasi latihan NATO tersebut di salah satu tempat pelatihan artileri terbesar Eropa di Rovajarvi, Finlandia Utara, hanya 2 jam berkendara dari perbatasan Rusia. 

"Kami di sini, kami berkomitmen. Angkatan Darat AS di sini berlatih dengan sekutu NATO terbaru kami untuk membangun kemampuan itu, untuk membantu mempertahankan Finlandia jika terjadi sesuatu," katanya, pada Selasa (30/5/2023). 

Menurut Komando Udara NATO, sekitar 150 pesawat dari 14 anggota NATO dan negara mitra juga berpartisipasi dalam Latihan Tantangan Arktik 2023.

Penambahan Finlandia ke blok NATO dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan antara Moskow dan Barat setelah invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina pada Februari 2022.

Sementara itu, komandan pasukan darat Swedia Mayor Jenderal Karl Engelbrektson mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan rencana jika menjadi bagian dari pertahanan Finlandia. 

"Tidak perlu dipertanyakan sama sekali. Kami telah menyiapkan rencana tentang apa yang harus dilakukan jika kami menjadi bagian dari pertahanan Finlandia," katanya. 

Finlandia secara resmi bergabung dengan NATO pada 4 April 2023, dan ini menimbulkan ancaman dari Moskow tentang tindakan balasan. 

Swedia berharap bisa menjadi anggota NATO pada saat pertemuan puncak aliansi di Vilnius, Lituania pada Juli mendatang. 

Keanggotaan penuh Swedia akan terjadi setelah semua sekutu NATO meratifikasi aplikasi aksesi Swedia. 

Adapun hingga saat ini, Turki belum melakukan ratifikasi untuk keanggotaan Swedia di NATO, sedangkan sudah untuk Finlandia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper