Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tegang, Senjata Nuklir Rusia Mulai Bergerak Dekati Ukraina

Rusia dikabarkan sudah memindahkan senjata nuklir mereka ke wilayah dekat Ukraina.
Presiden Rusia Vladimir Putin/TASS
Presiden Rusia Vladimir Putin/TASS

Bisnis.com, SOLO - Rusia dikabarkan sudah memindahkan senjata nuklir mereka ke wilayah dekat Ukraina. Kini, jarak nuklir Rusia dan Kyiv hanya 674 mil saja.

Dilansir dari Newsweek, Rusia telah mulai memindahkan senjata nuklir ke Belarusia di mana wilayah ini berbagi perbatasan sepanjang 674 mil dengan Ukraina.

Informasi ini bukan omong kosong belakang sebab datang langsung dari Presiden Belarusia Alexander Lukashenko belum lama ini.

Pernyataan tersebut disampaikan Lukashenko dalam pertemuannya dengan Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu dan Menteri Pertahanan Belarusia Viktor Khrenin di Minsk untuk menandatangani dokumen tentang penempatan senjata nuklir taktis Rusia di Belarus. 

Penempatan nuklir di Belarusia ini memang sudah lama direncanakan oleh Presiden Vladimir Putin.

Pada bulan Maret 2023 lalu, Putin mengatakan jika dirinya akan menempatkan nuklir di wilayah Belarusia yang juga berbatasan dengan tiga negara NATO, yakni Latvia, Lituania, dan Polandia.

Sebagai informasi, Lukashenko telah lama menjadi sekutu setia Putin, dan pemimpin Rusia itu akan menggunakan Belarusia sebagai tempat peluncuran nuklir sejak lama.

Namun, upaya Putin untuk mengambil alih Kyiv pada hari-hari awal konflik dengan pasukan masuk dari Belarusia gagal.

Ketika ditanya tentang apakah nuklir Rusia sudah berada di Belarusia, Lukashenko mengatakan jika pengiriman sudah dimulai.

Kini, Belarus akan menyediakan tempat untuk menyimpan segala alutsista Rusia yang akan dipakai untuk memberi pelajaran Ukraina dalam waktu dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper