Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dorong Pertukaran Budaya Indonesia-Bulgaria, KBRI Sofia Gelar Konser Harmonature

Konser tersebut bertajuk Harmonature: Harmonizing the Nature of Nusantara yang digelar di Ancient Theater Plovdiv, berjarak 90 menit dari Kota Sofia.
Duta Besar RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta dalam persiapan konser Harmonature: Harmonizing the Nature of Nusantara./dok KBRI Bulgaria
Duta Besar RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta dalam persiapan konser Harmonature: Harmonizing the Nature of Nusantara./dok KBRI Bulgaria

Bisnis.com, JAKARTA – Kedutaan Besar Republik Indonesia di Sofia, Bulgaria, akan menggelar konser perayaan persahabatan dan kekayaan warisan budaya Indonesia-Bulgaria pada 8 Juni 2023 mendatang.

Berdasarkan keterangan resmi KBRI Sofia yang diterima Bisnis pada Sabtu (27/5/2023), konser tersebut bertajuk "Harmonature: Harmonizing the Nature of Nusantara," yang digelar di Ancient Theater Plovdiv, yang berjarak sekitar 90 menit dari Kota Sofia.

Harmonature adalah harmonisasi keeratan hubungan alam dengan musik, menawarkan perpaduan yang memukau antara musik tradisional dan kontemporer Indonesia.

“Tema ‘Harmonizing the Nature of Nusantara’ sendiri dipilih untuk menjalankan fokus program Pemerintah RI dalam mempromosikan Nusantara, sebagai sustainable forest city ke masyarakat internasional,” ungkap KBRI Sofia dalam keterangan resminya.

Di bawah binaan Duta Besar RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta, konser digelar untuk mendorong pertukaran budaya dan mempererat ikatan antara Indonesia dan Bulgaria.

Dubes Iwan Bogananta menginisiasi Harmonature di tahun 2021 dan bersama dengan seluruh tim KBRI Sofia mempersiapkan secara detail selama hampir satu tahun untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung.

Harmonature mempunyai tiga tujuan utama. Pertama, untuk mempromosikan dan meningkatkan kesadaran tentang budaya Indonesia, dan Nusantara, kepada masyarakat Bulgaria, sekaligus memperkenalkan dan mempromosikan Bulgaria, khususnya Plovdiv sebagai kota budaya, kepada masyarakat Indonesia.

Kedua, dengan meningkatkan people-to-people contact, konser ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman budaya antara orang Indonesia dan Bulgaria. Hal ini akan mendorong hubungan pariwisata dan ekonomi antara kedua negara.

Ketiga, Harmonature berfungsi sebagai wadah untuk memfasilitasi pertemuan bisnis, menciptakan peluang akses pasar baik dari Indonesia maupun Bulgaria.

Dipimpin oleh konduktor Erwin Gutawa, Ethnochestra, yang terdiri dari hampir 50 pemain dari Indonesia, akan menjadi inti acara, menampilkan tradisi musik kepulauan Indonesia yang dinamis. Melalui melodi tradisional yang berpadu dengan musik kontemporer, penonton akan dibawa ke lanskap Indonesia yang menawan.

Perpaduan modern dan sejarah kuno juga akan tampak pada proyeksi pemetaan 3D spektakuler oleh Jay Subiakto dan Taba. Proyeksi pada pilar dan dinding Ancient Theater ini akan menampilkan alam Indonesia dan menyoroti Nusantara. Sajian visual ini akan menjadi jembatan antara sejarah kuno dan seni kontemporer.

Petya Paneva, penyanyi Bulgaria dan pemenang The Voice of Bulgaria 2021, akan berkolaborasi dengan finalis Indonesian Idol 2021 Woro Mustika untuk memadukan kekayaan tradisi musik Bulgaria dan Indonesia.

Dua penyanyi ternama Indonesia lainnya juga akan ambil bagian, Sandhy Sundhoro, pemenang International Contest of Young Pop Singer New Wave 2009, dan Gabriel Harvionto. Semua penampil akan mengenakan Batik Indonesia oleh Iwan Tirta Private Collection.

Konser juga akan menampilkan penampilan memukau dari Pesona Mawar Nusantara, satu-satunya kelompok tari Indonesia di Bulgaria, serta Bidadari, kelompok tari Indonesia dari Serbia. Perpaduan antara warga negara Bulgaria yang menarikan dan melestarikan tarian tradisional Indonesia akan membuktikan persahabatan Indonesia dan Bulgaria.

Selain itu, Harmonature akan menampilkan peragaan busana oleh Sejauh Mata Memandang, jenama Indonesia yang terkenal dengan batik ramah lingkungannya. Peragaan busana ini ini akan menyoroti perpaduan busana modern yang ramah lingkungan dan budaya, menunjukkan komitmen Indonesia untuk melestarikan kerajinan tradisional.

Konser Harmonature terbuka untuk umum dan tanpa biaya. Acara ini diperkirakan akan menarik penonton sebanyak 3.000 hingga 4.000 orang, dan juga akan disiarkan langsung di kanal Youtube Indonesiainsofia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper