Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Besok, 7.510 Jemaah Haji Gelombang Pertama akan Diberangkatkan ke Arab Saudi

Adapun, 7.510 yang akan diberangkatkan pada esok hari telah terlebih dahulu masuk ke asrama haji untuk melakukan pemeriksaan kesehatan
Ibadah haji/Reuters-Ahmad Masood
Ibadah haji/Reuters-Ahmad Masood

Bisnis.com, JAKARTA — Sebanyak 7.510 jemaah Haji 2023 akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada Rabu (24/5/2023). 

Kepala Biro Humas dan Data Informasi Sekjen Kementerian Agama (Kemenag) Akhmad Fauzi mengatakan bahwa ribuan jemaah tersebut akan terbagi ke dalam 19 kelompok terbang (kloter). 

19 kloter itu, lanjutnya, terdiri dari empat kloter dari embarkasi Jakarta-Pondok Gede, empat kloter embarkasi Solo, dua kloter embarkasi Makassar, satu kloter embarkasi Aceh, satu kloter embarkasi Medan. 

Lalu, dua kloter dari embarkasi Batam, tiga kloter dari embarkasi Surabaya, dua kloter dari embarkasi Jakarta-Bekasi. 

Adapun, 7.510 yang akan diberangkatkan pada esok hari telah terlebih dahulu masuk ke asrama haji untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pada hari ini, Selasa (23/5/2023). 

Selain itu, para jemaah juga akan menerima gelang identitas, paspor, visa, tiket pesawat, serta living cost. Pada tahun ini, jemaah akan menerima living cost sebesar 750 riyal. 

“Operasional penyelenggaraan Haji 1444 H dimulai pada Selasa (23/5/2023) yang ditandai dengan masuknya jemaah haji Indonesia ke delapan embarkasi dan akan diberangkatkan pada Rabu (24/5/2023),” ujar Akhmad dalam konferesi pers daring, Selasa (23/5/2023). 

Seperti diketahui, pemberangkatan jemaah Haji asal Indonesia akan dibagi ke dalam dua gelombang, yaitu pada Rabu (24/5/2023) dan Kamis (8/6/202). 

Berdasarkan data Kementerian Agama (Kemenag), Indonesia memperoleh kuota haji sebanyak 221.000 orang, yang terdiri atas 203.320 kuota haji reguler dan 17.680 kuota haji khusus. 

Menurut Akhmad, akan ada 14 embarkasi yang digunakan selama penyelenggaraan Ibadah Haji 1444 H. 

Keempat belas embarkasi itu terdiri dari embarkasi Banda Aceh, Medan, Padang, Palembang, Jakarta-Pondok Gede, Jakarta-Bekasi, Solo. 

Kemudian, Surabaya, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Lombok, serta Kertajati.

“Jemaah Haji akan diberangkatkan menuju Arab Saudi dengan dua maskapai, yaitu Garuda Indonesia dan Saudia Airlines. Garuda akan mengangkut jemaah dari 9 embarkasi dan maskapai Saudia Air akan mengangkut jemaah yang berasal dari 5 embarkasi,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper