Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Golkar Targetkan Menang pada Pemilu 2024

Partai Golkar mendaftarkan bakal caleg Sumbar pada hari ini dan menargetkan menang pada Pemilu 2024.
Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto saat menghadiri acara Halal Bi Halal DPD Partai Golkar se-Daerah Istimewa Yogyakarta serta silaturahmi Relawan Partai Golkar di Kulonprogo, Jumat (28/4/2023)./Twitter @airlangga_hrt
Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto saat menghadiri acara Halal Bi Halal DPD Partai Golkar se-Daerah Istimewa Yogyakarta serta silaturahmi Relawan Partai Golkar di Kulonprogo, Jumat (28/4/2023)./Twitter @airlangga_hrt

Bisnis.com, PADANG - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) membawa sejumlah bakal calon legislatif (caleg) ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk didaftarkan sebagai peserta Pemilu 2024.

Rombongan Golkar ini datang ke KPU Sumbar pada Sabtu (13/5/2023) menggunakan sejumlah kendaraan. Tidak ada yang istimewa ketika rombongan Partai Golkar masuk ke kantor KPU Sumbar.

Dari pantauan Bisnis di lapangan, rombongan Partai Golkar tidak langsung masuk proses pendaftaran, mengingat masih dalam waktu jam istirahat siang. 

"Kita memang sengaja membawa para bacaleg untuk ikut menyaksikan proses pendaftaran ke KPU Sumbar, sambil memperkenalkan para bacaleg dari Golkar," kata Ketua DPD Partai Golkar Sumbar Khairunas di Padang.

Setelah melakukan tahapan proses pendaftaran dan memberikan keterangan kepada awak media yang hadir, rombongan Golkar itu berteriak dan menyatakan Airlangga Presiden.

 "Golkar menang, Airlangga presiden," teriak kader Golkar.

Khairunas menyatakan pada Pemilu 2024 Partai Golkar ditargetkan bisa merebut kembali sebagai partai politik pemenang di Sumbar. 

Sebelumnya, Golkar pernah menjadi parpol yang meraih perolehan suara tertinggi di Sumbar pada Pemilu 2014. 

Ketika itu, Golkar mendapat suara tertinggi dengan 251.511 suara, lalu disusul Gerindra 153.689 suara, dan PAN 150.297 suara, serta ada Demokrat 143.703 suara, NasDem 136.060 suara, serta partai politik lainya.

Namun, pada Pemilu 2019, Golkar tidak lagi menjadi parpol perolehan suara terbanyak pada pemilu, melainkan Partai Gerindra. Hal ini dapat dilihat dari data hasil Pemilu 2019, Gerindra berhasil meraup 560,84 ribu suara sah (20,56 persen) di Sumbar.

Di bawahnya ada Partai Amanat Nasional (PAN) dengan perolehan 412,48 ribu suara (15,12 persen), Partai Demokrat 371,06 ribu suara (13,6 persen), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 356,29 ribu suara (13,06 persen), dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) 206,43 ribu suara (7,57 persen).

"Di Solok Selatan atau Solok Raya merupakan wilayah pemenang untuk Golkar. Makanya pada Pemilu 2024, Golkar bisa kembali merebut suara terbanyak untuk Pemilu di Sumbar," ujarnya.

Khairunas menyampaikan ada sebanyak 65 bacaleg yang resmi didaftarkan Golkar Sumbar ke KPU.

Bacaleg yang didaftarkan itu diakuinya kebanyakan masih berasal dari pemain lama, dan ada beberapa orang pemain baru dan ada pula dari pemain undangan untuk kemenangan Golkar Sumbar

"Pendaftaran bacaleg Golkar Sumbar mulai dari dapil 1 hingga dapil 8 berjalan lancar dan telah diterima KPU dan Bawaslu Sumbar. Ke depan kita manargetkan bisa kembali menang pada Pemilu 2024 mendatang," ujar Khairunas yang juga Bupati Solok Selatan ini.

Dia menyebut dengan adanya 8 dapil yang ada di Sumbar itu, Golkar menargetkan 11 kursi.

Artinya tiap dapil 1 kursi, namun ada dari beberapa dapil tadi, Khairunas targetkan bisa meraih tiga tambahan kursi yakni Solok Raya (dapil 7), Kota Padang (dapil 1), dan Tanah Datar, Sawahlunto, Sijunjung dan Dharmasraya (dapil 6).

"Jadi kita menjemput kembali kemenangan untuk Golkar di Sumbar," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper