Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 8 Amalan Sunah Dilakukan Menjelang dan pada Hari Raya Idulfitri

Sebelum Idulfitri, ada amalan berpahala yang bisa Anda amalkan berikut ini
Ilustrasi orang sedang berdoa/Freepik
Ilustrasi orang sedang berdoa/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA – Menjelang Hari Raya Idulfitri ada beberapa amalan yang dianjurkan dilaksanakan pada malam 1 Syawal hingga keesokan harinya atau Hari Raya Idulfitri.

Mengutip laman NU Online, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Bidang Keagamaan Kiai Ahmad Fahrur Rozi atau yang lebih akrab disapa Gus Fahrur amalan-amalan ini dianjurkan dengan maksud untuk menghidupkan  malam takbiran atau malam Hari Raya Idul Fitri sampai keesokan harinya.

Menurutnya, beberapa amalan ini hukumnya sunnah dilakukan. Adapun amalan-amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada malam takbiran sampai hari Raya Idulfitri meliputi: 

1. Memperbanyak takbiran di malam 1 Syawal

Salah satu amalan yang sunah dikerjakan pada malam 1 Syawal adalah memperbanyak mengumandangkan takbir. 

Berikut lafal takbiran yang singkat dan lebih umum:

 اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ   

Allahu akbar (3x), laa ilaaha illallaahu wallahu akbar, allahu akbar wa lillahil-hamdu

2. Mandi sunah Idulfitri 

Mandi sebelum salat Idulfitri hukumnya sunah dikerjakan, bahkan bagi orang yang sedang berhalangan untuk mengikuti pelaksanaan salat Idulfitri sekalipun, seperti orang sakit ataupun perempuan yang tengah haid.

Menurut Syekh Sulaiman Al-Bujairimi dalam kitab Tuhfah al-Habib ‘Ala Syarh al-Khathib, mandi sunnah Idul Fitri ini lebih utama dilakukan setelah terbit fajar. 

3. Berhias memakai pakaian yang bersih 

Amalan yang sunah dikerjakan pada Hari Raya Idulfitri adalah memakai pakaian yang bersih dan berhias. Selain itu, Islam juga menganjurkan untuk memakai pakaian yang terbaik dengan wewangian ataupun pakaian berwarna putih sebagai bentuk syukur atas nikmat Allah.

4. Berjalan menuju tempat salat Idulfitri 

Berjalan menuju dan pulang dari tempat pelaksanaan salat Idulfitri dianjurkan bagi orang yang tidak mempunyai kendala kesehatan untuk berjalan kaki. 

Dengan demikian, amalan ini tidak dianjurkan untuk orang tua ataupun orang lumpuh, sebaliknya orang yang mempunyai kendala kesehatan untuk berjalan dianjurkan untuk menggunakan kendaraan untuk berangkat dan pulang dari tempat salat Idulfitri. 

5. Makan sebelum berangkat ke tempat salat Idulfitri 

Sebelum berangkat ke tempat salat Idulfitri, dianjurkan untuk makan terlebih dahulu. Dalam salah satu riwayat disebutkan: 

كانَ رسول الله صلى الله عليه وسلم لا يغدو يومَ الفِطْرِ حتى يأكلَ تَمَرَاتٍ، ويأكُلُهنَّ وِترًا  

"Rasulullah tidak pergi untuk melaksanakan shalat Idul Fitri sampai beliau memakan beberapa butir kurma. Beliau memakannya ganjil." 

6. Menunaikan zakat fitrah 

Menunaikan zakat fitrah sebelum salat Idulfitri merupakan salah satu amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan.  Sesaat sebelum salat Idulfitri dimulai memang merupakan batas terakhir pembayaran zakat fitrah.

7. Bersedekah pada Hari Raya Idulfitri

Salah satu amalan yang dianjurkan saat Hari Raya Idulfitri adalah bersedekah semampunya.

8. Bersilaturahmi 

Silaturahmi merupakan amalan yang juga dianjurkan dilakukan di Hari Raya Idulfitri. Tidak heran jika di Indonesia ada tradisi mengunjungi satu sama lain, baik dengan sanak saudara ataupun kerabat di Hari Raya Idulfitri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper