Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadi Capres PDIP, Jokowi Puji Ganjar: Pemimpin yang Dekat dengan Rakyat

Jokowi memuji capres PDIP Ganjar Pranowo sebagai sosok yang dekat dengan rakyat dan mau turun ke lapangan
Jadi Capres PDIP, Jokowi Puji Ganjar Pemimpin yang Dekat dengan Rakyat. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu selama tiga jam di Istana Merdeka pada Sabtu (18/3/2023)./Istimewa
Jadi Capres PDIP, Jokowi Puji Ganjar Pemimpin yang Dekat dengan Rakyat. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu selama tiga jam di Istana Merdeka pada Sabtu (18/3/2023)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi keputusan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres).

Pengumuman ini disampaikan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri bertepatan pada momentum H-1 jelang Lebaran Idulfitri 1444 Hijriah dan Hari Kartini yang terlaksana pada hari ini, Jumat (21/4/2023).

“Saya sangat mengapresiasi, saya sangat menghargai keputusan Ibu Megawati Soekarno Putri selaku Ketua Umum PDIP yang baru saja mengumumkan keputusannya bakal calon presiden yang diajukan oleh PDIP yaitu Bapak Ganjar Pranowo,” ujarnya di Istana Batutulis, Jumat (21/4/2023).

Kepala Negara menilai bahwa keputusan dari partai politik (parpol) belogo moncong banteng yang diketuai Ketua Umum Megawati Soekarnoputri untuk mengumumkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sebagai capres merupakan keputusan yang tepat.

“Pak Ganjar ini adalah pemimpin yang dekat dengan rakyat selalu turun ke bawah dan sangat ideologis,” ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden mengatakan bahwa proses pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024 sudah makin dekat. Sehingga memang sudah seharusnya masyarakat perlu segera mengetahui siapa pasangan bakal calon preisden dan bakal calon wakil presiden yang akan diusung sehingga rakyat memiliki kesempatan yang memadai untuk menilai dan menentukan pilihannya.

“Saya ingin menegaskan bahwa suksesi kepemimpinan nasional secara demokratis adalah keharusan sesuai perintah UUD kita. Namun, pemimpin tidak boleh membelokkan keberlanjutan perjuangan bangsa Indonesia yang harus terus dilanjutkan dari waktu ke waktu,” imbuhnya.

Tak hanya itu, dia berharap siapa pun capres dan cawapres yang diusung untuk berlaga di pemilihan umum (pemilu) 2024 dapat melanjutkan estafet kepemimpinannya khususnya melanjutkan visi untuk menjadikan Indonesia sebagai Negara Maju.

“Pemimpin yang baru harus terus melanjutkan visi bangsa dan program ungglan yang telah dicanangkan ideologi Negara, Pancasila, persatuan dan kesatuan nasional serta toleransi dan kebersamaan harus menjadi fondasi sosial bangsa Indonesia,” tuturnya.

Selain itu, mantan Wali Kota Solo ini juga menegaskan bahwa pemimpin Indonesia selanjutnya harus berfokus kepada kesejahteraan rakyat  yang adil dan merata, pembangunan yang Indonesia sentris harus menjadi semangat program pembangunan nasional.

“Kemandirian nasional, berdikari, dan kepemimpinan Indonesia di masyarakat global harus tercermin dalam sikap pemimpin untuk memperjuangkan kepentingan nasional,” ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun menyampaikan bahwa agar pesta demokrasi pada 2024 mendatang akan diwarnai oleh ide-ide segar dari setiap capres dan cawapres yang terpilih. 

“Dan semangat pilpres 2024 adalah semangat kontestasi program, semangat ide-ide besar untuk bangsa dan negara, saya yakin rakyat Indonesia semakin dewasa dalam menentukan pilihannya. Semoga pilpres 2024 berjalan dengan damai dan demokratis, terpilih pemimpin yang meneruskan upaya Indonesia menjadi negara maju, adil dan makmur,” pungkas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper